Pengaruh harga, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap keputusan pembelian barang di marketplace facebook dengan kepercayaan sebagai variabel mediasi (Studi Kasus Para Pengguna Marketplace Facebook di Kota Pekalongan dan Kabupaten Pekalongan)

Aditya, Riza (2024) Pengaruh harga, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap keputusan pembelian barang di marketplace facebook dengan kepercayaan sebagai variabel mediasi (Studi Kasus Para Pengguna Marketplace Facebook di Kota Pekalongan dan Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4119075_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (861kB)
[img] Text
4119075_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
4119075_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kemajuan teknologi informasi yang begitu pesat tidak lagi membatasi proses bisnis, dalam hal ini jual beli produk atau jasa. Dengan majunya perkembangan teknologi saat ini tidak bertentangan antara kemajuan perkembangan ekonomi Islam dengan skema atau struktur pasar. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era digital saat ini telah mempengaruhi pola perilaku manusia dalam mengakses berbagai informasi dan berbagai fitur layanan elektronik. Salah satu aplikasi yang saat ini menjadi mayoritas dikalangan pengguna media sosial adalah Facebook. Facebook sendiri merupakan aplikasi jejaring sosial atau media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk menambah profil dengan foto, kontak, atau informasi. Selain itu Facebook juga mengembangkan layanan Marketplace yang memudahkan pengguna atau konsumen dan penjual dalam melakukan kegiatan kesepakatan atau transaksi jual beli dengan mudah dan nyaman. Hal ini menjadi peluang besar bagi pelaku bisnis online untuk menemukan konsumen dan melakukan transaksi jual beli melalui Marketplace Facebook. Namun, pelaku bisnis Marketplace Facebook juga harus bersaing ketat dengan pesaing lainnya dalam hal menarik konsumen. Oleh karena itu, pelaku bisnis harus dapat menawarkan produk yang tepat dengan harga, pelayanan dan promosi yang tepat juga, sehingga menghasilkan keputusan pembelian konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga, kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian barang di Marketplace Facebook, serta menjadikan kepercayaan sebagai variabel mediasi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner). Sampel pada penelitian ini ialah para pengguna Marketplace Facebook yang ada di Kota Pekalongan dan Kabupaten Pekalongan yang berjumlah sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linear berganda dan Uji Sobel dengan bantuan SPSS versi 29. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Harga, Kualitas Pelayanan, dan Promosi berpengaruh positif secara parsial terhadap Keputusan Pembelian. Kemudian, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa Kepercayaan tidak mampu memediasi secara positif hubungan ketiga variabel independen dengan variabel dependen.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAbidin, RohmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, Keputusan Pembelian dan Kepercayaan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 22 Jul 2024 08:15
Last Modified: 22 Jul 2024 08:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9283

Actions (login required)

View Item View Item