Implementasi pembiasaan sholawat tibbil qulub dalam pembelajaran akidah akhlak untuk menanamkan nilai karakter religius pada siswa kelas xii di MAN 1 Kota Pekalongan

A’silah, Tsania Rizka Arifatul (2024) Implementasi pembiasaan sholawat tibbil qulub dalam pembelajaran akidah akhlak untuk menanamkan nilai karakter religius pada siswa kelas xii di MAN 1 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120187_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2120187_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2120187_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Tsania Rizka Arifatul A’silah. 2120187. 2024. Implementasi Pembiasaan Sholawat tibbil qulub dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas XII di MAN 1 Kota Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam Negeri (UIN) K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Nadia Faradhillah,M.A Metode pembiasaan adalah suatu cara yang dilakukan untuk membiasakan peserta didik dalam menerima pembelajaran atau suatu tindakan. Biasanya metode pembiasaan diterapkan dalam lingkup pendidikan dalam proses belajar mengajar yang mana pembiasaan yang diterapkan yaitu sholawat tibbil qulub yang untuk menjaga kesehatan dan keselamatan peserta didik secara menyeluruh dan juga dapat mengamalkan sholawat, yang fadilahnya untuk kesembuhan serta dihindarkan dari penyakit baik dzohir maupun batin. Metode pembiasaan membaca sholawat tibbil qulub ini diterapkan di MAN 1 Kota Pekalongan oleh guru Aqidah Akhlak kelas XII sebelum memulai pembelajaran. Penelitian ini mencakup 2 rumusan masalah: Pertama, Bagaimana implementasi pembiasaan Sholawat Tibbil qulub dalam pembelajaran Akidah Akhlak untuk menanamkan nilai karakter religius siswa Kelas XII di MAN 1 Kota Pekalongan. Kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari pembiasaan Sholawat Tibbil qulub dalam pembelajaran Akidah Akhlak untuk menanamkan nilai karakter religius siswa Kelas XII di MAN 1 Kota Pekalongan. Dengan tujuan, Pertama Untuk mendeskripsikan pembiasaan Sholawat Tibbil qulub dalam pembelajaran Akidah Akhlak untuk menanamkan nilai karakter religius siswa Kelas XII di MAN 1 Kota Pekalongan. Kedua, Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembiasaan Sholawat Tibbil qulub dalam pembelajaran Akidah Akhlak untuk menanamkan nilai karakter religius siswa Kelas XII di MAN 1 Kota Pekalongan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (Field Research). Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru Aqidah Akhlak, dan peserta didik kelas XII MAN 1 Kota Pekalongan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta analisis data yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa peran pembelajaran Akidah Akhlak dengam membiasakan membaca sholawat tibbil qulub sebelum memulai pembelajaran dapat dikatakan efektif dan berhasil untuk membantu para siswa menjadi siswa yang berkarakter religius. Dari penerapan pembiasaan tersebut sebagai obat lahir dan batin, meningkatan rasa kecintaan saya kepada Nabi dengan terbiasa membaca sholawat yang memuji keagungan Nabi Muhammad SAW, diharapkan dapat meningkatkan rasa cinta dan keteladanan siswa terhadap beliau dan menyadari bahwa untuk mendapatkan kebaikan dan keberkahan serta syafaat, kita bisa melakukannya dengan mudah salah satunya yaitu dengan senantiasa membaca, melantunkan sholawat. Faktor pendukungnya,awal mulanya pada saat ada wabah covid lagi trendnya dan memang dianjurkan untuk membaca sholawat tibbil qulub setelah selesai sholat yang mana bermanfaat untuk mencegah dari segala penyakit baik lahir maupun batin dan faktor penghambatnya sifatnya pribadi misalnya masih ditemukan beberapa siswa yang masih berbicara sendiri di kelas dan masih ada bebarapa siswa yang belum hafal sholawat tibbil qulub.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFaradhillah, NadiaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pembiasaan sholawat tibbil qulub, aqidah akhlak
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 22 Jul 2024 08:03
Last Modified: 01 Aug 2024 09:37
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9293

Actions (login required)

View Item View Item