Nailufar, Yuyun (2024) Implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SDN Proyonanggan 09 Kecamatan Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
This is the latest version of this item.
Text
2120065_Cover Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2120065_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Kurikulum merdeka belajar merupakan sistem pendidikan yang mendorong kebebasan belajar, berpikir, dan berkarya, serta memiliki responsibilitas terhadap perubahan yang terjadi. Di masa mendatang, pengajaran akan mengalami perubahan signifikan dari pendekatan yang sebelumnya terpusat di dalam kelas menjadi lebih melibatkan pembelajaran di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana penerapan kurikulum merdeka dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Proyonanggan 09 Kecamatan Batang, 2) bagaimana promblematika dalam penerapan kurikulum merdeka dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Proyonanggan 09 Kecamatan Batang, 3) bagaimana solusi yang dilakukan guru dalam menghadapi problematika penerapan kurikulum merdeka dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Proyonanggan 09 Kecamatan Batang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di SDN Proyonanggan 09 Kecamatan Batang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, 2 orang guru Pendidikan Agama Islam, dan beberapa peserta didik SDN Proyonanggan 09 Batang. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Adapun teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode, teknik, dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum merdeka di SDN Proyonnggan 09 Kecamatan Batang telah terlaksana. Dalam implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam perencanaan pembelajaran disiapkan kelengkapan dokumen perangkat pembelajaran seperti TP (Tujuan Pembelajaran), ATP (Alur Tujuan Pembelajaran), dan modul ajar. Problematika dalam penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI di SDN Proyonanggan 09 Kecamatan Batang yaitu: kurangnya pemahaman tentang konsep kurikulum merdeka, perbedaan persepsi antar guru tentang konsep P5, dan banyaknya aspek yang berubah dalam proses pembelajaran. Kemudian solusi yang dilakukan guru dalam menghadapi problematika penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI antara lain: mengikuti workshop dan BIMTEK, guru belajar memahami peserta didik, dan mengadakan evaluasi bulanan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, kurikulum merdeka, pendidikan agama islam | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2024 06:39 | ||||||||
Last Modified: | 05 Aug 2024 08:21 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9312 |
Available Versions of this Item
-
Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Proyonanggan 09 Kecamatan Batang. (deposited UNSPECIFIED)
- Implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SDN Proyonanggan 09 Kecamatan Batang. (deposited 23 Jul 2024 06:39) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |