Zafrulloh, Muhammad (2024) Strategi Komunikasi Dakwah Dalam Memahamkan Sikap Moderasi Beragama Melalui Program Lawang Swargo Batik TV Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
3419008_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
|
Text
3419008_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Zafrulloh, Muhammad. 2024. Strategi Komunikasi Dakwah Dalam Memahamkan Sikap Moderasi Beragama Melalui Program Lawang Swargo Batik TV Kota Pekalongan. Skripsi Program Studi Komunikasi dan Peyiaran Islam Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Kholid Noviyanto, MA. Hum. Aktivitas dakwah merupakan suatu hal yang wajib dilakukan bagi setiap muslim yang taat, maka dari itu dakwah yang baik harus bisa menjangkau ke beberapa sektor kehidupan. Salah satunya ialah penggunaan media penyiaran televisi dalam mensyiarkan cakrawala Islamiyah ke masyarakat. Tentunya hal tersebut tidak serta merta mudah untuk dilakukan, dalam pengaplikasiannya dakwah melalui media penyiaran televisi tentunya harus membutuhkan strategi komunikasi dakwah yang tepat agar dakwah yang disampaikan bisa diterima dan diamalkan dengan baik oleh para penontonnya. Berdasarkan latar belakang tersebut, muncul permasalahan yang hendak penulis teliti yaitu mengenai bagaimana strategi komunikasi dakwah yang dilakukan oleh salah satu lembaga penyiaran televisi di Pekalongan melalui salah satu programnya dalam menyampaikan dakwah dan juga bagaimanakah strategi yang dilakukan untuk memahamkan sikap moderasi beragama kepada para penontonnya. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang mana sumber data dari penelitian ini didapatkan melalui proses observasi lapangan, wawancara narasumber, dan juga dokumentasi berupa foto dan arsip tertulis lainnya. Dalam penelitian ini, analisis data yang digunakan mengacu pada metode Miles and Huberman yakni analisis data yang diawali dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep dakwah pada program Batik TV yaitu lawang swargo menemukan adanya unsur-unsur dakwah di dalamnya seperti da’i, mad’u, dan juga adanya peran media yang membantu memaksimalkan dakwah agar sampai kepada penonton secara efektif. Kemudian strategi komunikasi dakwah yang dilakukan pada program tersebut dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan. Program lawang swargo menggunakan dua dari tiga metode dalam strategi komunikasi dakwahnya, tentunya dalam strategi tersebut bertujuan agar penonton nantinya dapat mengikuti perbuatan yang baik- baik, yang tentunya bertujuan untuk mendekatkan diri kepad Allah SWT.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Dakwah, Moderasi Beragama, Program Lawang Swargo, Batik TV Kota Pekalongan | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2024 08:42 | ||||||||
Last Modified: | 23 Jul 2024 08:42 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9341 |
Actions (login required)
View Item |