Najmah, Nurun (2024) Pola Komunikasi Pengasuh Terhadap Santri Dalam Pembinaan Kedisiplinan Hafalan Al-Qur’andi Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah Kalibeber Wonosobo. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
3417063_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (3MB) |
|
Text
3417063_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Nurun Najmah, 2024. Pola Komunikasi Pengasuh Terhadap Santri Dalam Pembinaan Kedisiplinan Hafalan Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah Kalibeber Wonosobo. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Kholid Noviyanto, MA., Hum Kata kunci: Pola Komunikasi, Pengasuh, Kedisiplinan, hafalan. Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah Kalibeber Wonosobo memiliki salah satu program kegiatan pokok yaitu menghafal Al-Qur’an 2 tahun khatam. Program ini tidak diwajibkan melainkan diizinkan kepada santri yang ingin menghafal Al-Qur’an yang langsung dibimbing oleh Abah Abdurrahman Al-Asy’ari, Al Hafidz selaku pengasuh Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah Kalibeber Wonosobo. Keterkaitan bagaimana pola komunikasi yang Abah Abdurrahman Al-Asy’ari lakukan terhadap para santri penghafal Al-Qur’an dalam pembinaan kedisiplinan hafalan Al-Qur’an. Dalam hal tersebut, pola komunikasi pengasuh terhadap santri merupakan faktor yang sangat penting untuk mendukung pembinaan kedisiplinan dalam menghafal Al-Qur’an. Untuk mengetahui pola komunikasi apa saja yang digunakan Abah Abdurrahman Al-Asy’ari dan para santri dalam pembinaan kedisiplinan hafalan Al-Qur’an serta apa saja pola komunikasi yang digunakan dan peranan pola komunikasi yang digunakan pengasuh dalam pembinaan kedisiplinan hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah Kalibeber Wonosobo. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu peneliti menggambarkan suasana sesuai dengan fakta dan data yang ada dilapangan, dengan menggunakan pengamatan langsung serta dilanjutkan dengan wawancara kepada narasumber dan juga menggunakan dokumentasi sebagai pelengkap dalam penyusunan penelitian. Setelah melakukan serangkaian kegiatan tersebut peneliti menyusun data secara sistematis. Dalam penelitian ini, peneliti lebih menitikberatkan pada Abah Abdurrahman Al-Asy’ari, Al-Hafidz dan para santri penghafal Al-Qur’an. Sehingga hasil yang diperoleh penulis dalam penelitian ini bahwa peranan pola komunikasi dalam proses pembinaan kedisiplinan hafalan Al-Qur’an Abah Abdurrahman Al-Asy’ari,Al-Hafidz menggunakan pola roda dan pola bintang. Kemudian bentuk komunikasi yang digunakan adalah komunikasi intrapribadi, komunikasi antarpribadi dan komunikasi kelompok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pola Komunikasi, Pengasuh, Kedisiplinan, hafalan. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2024 06:15 | ||||||||
Last Modified: | 23 Jul 2024 06:15 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9355 |
Actions (login required)
View Item |