Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di KBIH Assalamah Kopena Pekalongan

Sholekhati, Nur (2024) Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di KBIH Assalamah Kopena Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3620059_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (785kB)
[img] Text
3620059_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Nur Sholekhati. 2024. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di KBIH Assalamah Kopena Pekalongan. Skripsi Program Studi Manajemen Dakwah. Universitas Islam Negeri Islam (UIN) K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing: Hanif Ardiansyah, M.M. Kata Kunci : Manajemen Sumber Daya Manusia, Kualitas Pelayanan, KBIH Assalamah Kopena Pekalongan Manajemen sumber daya manusia adalah ilmu dan seni yang mengatur hubungan dan peran individu dengan mengatur, mengelola, mendayagunakan, pengembangan, dan pemeliharaan secara efektif dan efisien agar tercipta individu yang optimal dan kompeten sehingga dapat mencapai tujuan dari suatu organisasi atau perusahaan. manajemen sumber daya manusia yang maksimal akan meningkatkan kualitas pelayanan suatu perusahaan untuk mencapai tujuan perlu adanya pemenuhan dimensi kualitas pelayanan yaitu bukti fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh jawaban dari rumusan masalah mengenai strategi manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas pelayanan di KBIH Assalamah Kopena Pekalongan serta yang menjadi faktor pendorong dan penghambat dalam mengimplementasikan manajemen sumber daya manusia di KBIH Assalamah Kopena Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kualitatif, dimana dalam pendekatan kualitatif disajikan data deskriptif berupa kata kata atau tulisan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan metode pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang menggunakan teknik analisis data menurut Noeng Muhadjir yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi manajemen sumber daya manusia di KBIH Assalamah Kopena dengan menggunakan strategi perencanaan strategis tenaga kerja dan strategi desain sistem kerja yang meliputi perekrutan karyawan, sistem pelatihan, sistem kompensasi dan sistem manajemen kinerja sangat membantu dalam kualitas kinerja yang dihasilkan karyawan. Dalam kualitas pelayanan di KBIH Assalamah Kopena Pekalongan juga sudah memenuhi keseluruhan dimensi kualitas pelayanan, diantaranya bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Sedangkan yang menjadi faktor pendorongnya yaitu solidaritas karyawan tinggi dan adanya freelance marketing (pekerja pemasaran paruh waktu), faktor penghambatnya yaitu banyaknya kompetitor yang muncul dan minimnya kegiatan pengembangan karyawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorArdiansyah, HanifUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sumber Daya Manusia, Kualitas Pelayanan, KBIH Assalamah Kopena Pekalongan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.2 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Manajemen Dakwah
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 23 Jul 2024 08:16
Last Modified: 23 Jul 2024 08:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9368

Actions (login required)

View Item View Item