Penerapan nilai-nilai pendidikan agama islam pada siswa di SMP Negeri 2 Batang

Izza, Malichatul (2024) Penerapan nilai-nilai pendidikan agama islam pada siswa di SMP Negeri 2 Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120062_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2120062_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
2120062_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penerapan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada siswa merupakan hal yang penting bagi pendidikan di Indonesia terlebih di era perkembangan zaman seperti saat ini, pendidikan agama islam tidak hanya sebatas teori, melainkan perlu adanya penerapan nilai-nilai pendidikan agama Islam di kehidupan keseharian. Pendidika agama Islam sering dianggap sebagai bentuk formalitas saja, sehinggan dalam penerapan nilai-nilainya belum maksimal. Tujuan dengan adanya penerapan nilai-nilai pendidikan agama islam pada siswa adalah mengajarkan siswa sebagai muslim yang taat kepada aturan agama, menjadikan generasi penerus bangsa cerdas secara pikiran, akal dan spritual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan nilai-nilai pendidikan agama islam pada siswa di SMP N 2 Batang. Apa hambatan dalam penerapan nilai-nilai pendidikan agama islam bagi siswa dan guru di SMP N 2 Batang. Bagaimana solusi dalam mengatasi hambatan pada penerapan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Batang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini anatara lain sumber data primer dan sekunder. Teknik penelitian yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini bahwasannya penerapan nilai-nilai pendidikan agama islam pada siswa di SMP N 2 Batang melakukan program pembiasaan yang diterapkan pada siswa, program pembiasan dilakukan ketika pra kegiatan pembelajaran dan di akhir pembelajaran. Dalam penerapan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada siswa terdapat hambatan atau masalah yang dihadapi oleh siswa dan guru yaitu hambatan yang bersifat internal dan eksternal. Dan dalam mengatasai hambatan tersebut, guru melakukan tindakan untuk mengatasi hambatan tersebut, solusi yang digunakan juga berkaitan dengan hambatan yang bersifat eksternal dan internal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayat, M. MujibUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan, nilai-nilai, pendidikan agama islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:13
Last Modified: 02 Aug 2024 03:43
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9376

Actions (login required)

View Item View Item