Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) di MI Walisongo Kranji 01 Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan

Rohmah, Fatiatur (2024) Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) di MI Walisongo Kranji 01 Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2318060_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2318060_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Dalam konteks pembelajaran tematik, tantangan kecerdasan majemuk mencakup kesulitan dalam mengakomodasi berbagai jenis kecerdasan siswa, perlunya pendekatan yang inklusif untuk mengembangkan semua kecerdasan, dan pengakuan akan pentingnya setiap jenis kecerdasan dalam proses pembelajaran. Di MI Walisongo 01 Kedungwuni telah menerapkan pembelajaran tematik berbasis kecerdasan majemuk, sehingga penulis tertarik untuk meneliti dan memaparkan beberapa rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana penerapan pembelajaran tematik berbasis kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences) di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni?, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran tematik berbasis kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences) di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan. Menggunakan data primer kepala madrasah, guru tematik, dan perwakilan siswa kelas V MI Walisongo 01 Kedungwuni dan data sekunder seperti referensi buku, jurnal, dan referensi lainnya. Untuk pengambilan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis dimulai dari reduksi data kemudian penyajian data dan yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Penerapan pembelajaran tematik berbasis multiple intelligences di MI Walisongo Kranji 01 didasarkan pada identifikasi kecerdasan siswa dan penyusunan RPP terstruktur. Strategi pembelajaran melibatkan berbagai metode seperti diskusi, tari, gambar, bernyanyi, dan kerja kelompok. Penilaian dilakukan melalui ulangan harian, akhir semester, dan observasi sikap siswa. Faktor pendukung meliputi antusiasme siswa, dukungan sekolah, dan hubungan baik dengan orang tua. Namun, kurangnya kesiapan dan pemahaman guru menjadi hambatan. Langkah-langkah seperti pelatihan rutin dan bimbingan kondisional telah diambil untuk mengatasi masalah ini, diharapkan meningkatkan kualitas pembelajaran tematik di sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRini, JuwitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Tematik, Kecerdasan Majemuk.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 23 Jul 2024 08:01
Last Modified: 28 Aug 2024 07:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9396

Actions (login required)

View Item View Item