Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animaker Untuk Pembelajaran Mufradāt Siswa Kelas 4 MI NU An-Nur Desa Bebel Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan.

Choirunnisa, Fernanda (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animaker Untuk Pembelajaran Mufradāt Siswa Kelas 4 MI NU An-Nur Desa Bebel Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220065_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2220065_Cover_Full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan serta minat belajar bahasa Arab khususnya mufradāt pada siswa kelas 4 MI NU An-Nur Bebel. Media pembelajaran video animasi sudah pernah digunakan namun hanya beberapa kali, sehingga membuat siswa merasa jenuh dengan pembelajaran yang monoton. Oleh karena itu, peneliti terdorong untuk melakukan penelitian dengan melakukan pengembangan suatu media pembelajaran video animasi yang berbasis aplikasi anmaker untuk memudahkan siswa dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengembangan media video animasi berbasis animaker untuk memudahkan pembelajaran mufradāt siswa kelas 4 MI NU An-Nur Desa Bebel kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. 2) Bagaimana respon siswa kelas 4 MI NU An-Nur Desa Bebel kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan terhadap media video animasi berbasis animaker untuk memudahkan pembelajaran mufradāt bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran video animasi mufradāt Bahasa Arab berbasis animaker dan untuk mengetahui hasil uji kelayakan media pembelajaran video animasi mufradāt Bahasa Arab berbasis animaker dari penilaian validator ahli dan peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teori pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teori pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analyze,oDesign,aDevelopment,kImplementation, and lEvaluation. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan angket/kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis wawancara dan analisis angket/kuesioner. Berdasarkan dari data hasil penelitian pengembangan video animasi mufradāt Bahasa Arab berbasis animaker pada materi Uhibbul Indonesia untuk memudahkan pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas 4 MI NU An-Nur Bebel Wonokerto Kabupaten Pekalongan, dapat disimpulkan bahwa : Penilaian yang didapatkan dari ahli media sebesar 77 % dikagetorikan layak. Presentase penilaian dari ahli materi mendapatkan nilai sebesar 86 % dikategorikan sangat layak. Selanjutnya perolehan presentase respon peserta didik mendapatkan hasil sebesar 89% dikagetorikan sangat layak. Oleh karena itu, jika dilihat dari hasil penilaian para ahli dan peserta didik secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi mufradāt Bahasa Arab berbasis animaker pada materi Uhibbu Indonesia layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFathuddin, Ahmad UbaediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Video Animasi, Animaker, Mufradāt Bahasa Arab
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 23 Jul 2024 08:52
Last Modified: 10 Oct 2024 06:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9407

Actions (login required)

View Item View Item