Implemantasi pembelajaran pendidikan agama islam berbasis kurikulum merdeka kelas vii di SMP Negeri 2 Ulujami Pemalang

Dewi, Prastiati (2024) Implemantasi pembelajaran pendidikan agama islam berbasis kurikulum merdeka kelas vii di SMP Negeri 2 Ulujami Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120164_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2120164_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran PAI Kurikulum Merdeka merupakan pendekatan yang berfokus pada pengembangan kompetensi peserta didik secara holistik. Kurikulum tersebut menekankan pembelajaran berbasis proyek, keterampilan hidup, dan penekankan pada eksplorasi, kreativitas, serta inovasi. Dengan pendekatan tini. Peserta didik didorong belajar secara mandiri, aktif. Dan kolaboratif, sehingga mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi tantangan masa depan dengan lebih baik. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana implementasi pembelajaran PAI berbasis kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 2 Ulujami Pemalang dan bagaimana problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kurikulum merdeka belajar kelas VII di SMP Negeri 2 Ulujami Pemalang. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran PAI berbasis kurikulum merdeka belajar kelas VII di SMP Negeri 2 Ulujami Pemalang, dan problematika Implementasi Pembelajaran PAI berbasis kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 2 Ulujami Pemalang. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) implementasi pembelajaran PAI berbasis kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 2 Ulujami Pemalang sudah terlaksana dengan baik, dilihat dari tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. (2) promblematika yang dihadapi pendidik ialah kesiapan peserta didik pada saat proses pembelajaran, dimana peserta didik kurang fokus atas penjelasan materi yang disampaikan, sehingga bisa mempengaruhi tujuan pembelajaran. selain itu, dalam sarana dan prasarana juga belum mendukung program kurikulum merdeka belajar ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, Moh. Nurul198711022023211018UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran PAI
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 24 Jul 2024 03:08
Last Modified: 04 Oct 2024 04:37
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9440

Actions (login required)

View Item View Item