Implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Salafiyah Simbang Kulon Kabupaten Pekalongan

Aisyi, Rihaadatul (2024) Implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Salafiyah Simbang Kulon Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120253_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120253_FULL TEXT B5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2120253_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Madrasah Aliyah Salafiyah Simbang Kulon merupakan sekolah berbasis Islam dibawah naungan Kementerian Agama yang ikut serta menjalankan program moderasi beragama. Penguatan moderasi beragama menjadi bentuk kewajiban madrasah dalam kebijakan kurikulum merdeka Kementerian Agama. Moderasi beragama sebagai cara pandang yang mampu menjadi solusi untuk menerima sebuah perbedaan serta menjaga pemahaman keagamaan yang lurus. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) konsep nilai moderasi beragama dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Salafiyah Simbang Kulon, 2) penerapan nilai-nilai moderasi beragama dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Salafiyah Simbang Kulon, dan 3) kendala penerapan nilai-nilai moderasi beragama dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Salafiyah Simbang Kulon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan jenis penelitian lapangan yaitu peneliti langsung datang ke tempat penelitian yang berlokasi di Madrasah Aliyah Salafiyah Simbang Kulon melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep nilai moderasi beragama dalam pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Salafiyah Simbang Kulon dikembangkan dalam Capaian Pembelajaran (CP) pada nilai tawassuth, tawazun, i’tidal, tasamuh, musawah, dan syura’ melalui pendekatan humanistik dengan keteladanan (uswatun hasanah) dan pembiasaan. 2) Guru akidah akhlak di Madrasah Aliyah Salafiyah Simbang Kulon mengembangkan modul ajar yang bermuatan nilai-nilai moderasi beragama, guru menggunakan metode diskusi untuk mendorong sikap keterbukaan pada peserta didik terkait pemahaman keagamaan yang dipegang, dan guru melakukan assesmen dan identifikasi tingkah laku keseharian siswa di lingkungan sekolah untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran. 3) Kendala yang dialami guru mata pelajaran akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama selama proses pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Salafiyah Simbang Kulon yaitu perbedaan kemampuan intelektual, motivasi, dan minat belajar peserta didik, terbatasnya waktu pembelajaran, kondisi lingkungan sekitar peserta didik, dan kurang maksimalnya komunikasi dengan orang tua peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPrabowo, Dimas SetiajiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Moderasi Agama, Kurikulum Merdeka, Akidah Akhlak
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 24 Jul 2024 03:27
Last Modified: 08 Oct 2024 03:38
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9441

Actions (login required)

View Item View Item