Aliyudin, Bagas Satrio (2024) Analisis Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Modern Selamat Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2220104_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2220104_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pondok Pesantren Modern Selamat Batang merupakan salah satu pondok pesantren di kabupaten Batang yang menjadikan bahasa Arab sebagai program unggulan dan mata pelajaran pada sistem pendidikannya. Dengan adanya program “Arabic and English Day” dan “Pembelajaran Mufradât” Pondok Pesantren Modern Selamat Batang yang menjadi objek penelitian dipilih karena masih banyak guru dan santri yang menggunakan pencampuran dan peralihan bahasa Arab kedalam bahasa lain, sehingga dapat menciptakan peristiwa alih kode dan campur kode dalam komunikasinya. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk membahas mengenai penggunaan alih kode dan campur kode dalam proses pembelajaran bahasa Arab di lingkungan multilingual seperti Pondok Pesantren Modern Selamat Batang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui, mengidentifikasi serta menganailis bentuk dan jenis alih kode dan campur kode yang terjadi pada proses pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren modern Selamat Batang, (2) Mengetahui dan mendeskripsikan faktor-faktor terjadinya alih kode dan campur kode pada pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren modern Selamat Batang. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian penelitian lapangan (field research). Metode atau teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, serta teknik simak libat cakap. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah guru pembelajaran bahasa Arab, pengurus rohis dan santri. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif dengan melakukan analisis deskriptif. Hasil penelitian yang ditemukan alih kodeterdapat 13 data dengan masing-masing bentuk: 6 tuturan bentuk kalimat, 4 tuturan bentuk kata, dan 3 tuturan bentuk frasa, dan termasuk kedalam jenis alih kode keluar (Extern Code Switching) dan jenis alih kode kedalam (Intern Code Switching). Sedangkan untuk campur kode terdapat 15 data dengan masing-masing bentuk: 7 tuturan bentuk penyisipan kata, 3 bentuk penyisipan frasa, 3 bentuk penyisipan klausa, dan 2 bentuk penyisipan kalimat, dan seluruhnya termasuk kedalam jenis campur kode keluar (Outer Code Mixing). Sementara faktor terjadinya alih kode disebabkan oleh penutur, lawan tutur, sosial, perubahan topik pembicaran dan faktor gengsi. Sedangkan faktor terjadinya campur kode yaitu, faktor identifikasi penutur dan lawan tutur, faktor identifikasi ragam penutur dan lawan tutur, faktor keinginan penutur dan lawan tutur dalam menjelaskan dan menafsirkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Alih Kode, Campur Kode, Pembelajaran Bahasa Arab | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2024 01:50 | ||||||||
Last Modified: | 10 Oct 2024 08:40 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9480 |
Actions (login required)
View Item |