Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembentukan profil pelajar pancasila pada pembelajaran PAI kelas VII SMPN 2 Kedungwuni Pekalongan

Novianto, Muhammad Rizqi (2024) Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembentukan profil pelajar pancasila pada pembelajaran PAI kelas VII SMPN 2 Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119392_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (836kB)
[img] Text
2119392_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2119392_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kurikulum merdeka belajar adalah kurikulum baru yang diluncurkan oleh Kemendikbudristek sebagai bentuk inovasi yang bertujuan untuk mengatasi krisis pembelajaran di Indonesia akibat pandemi. Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik. Struktur kurikulum merdeka terdiri dari pembelajaran kognitif dan penanaman karakter melalui Projek Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Program Profil Pelajar Pancasila pada kurikulum merdeka belajar bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila pada peserta didik agar dapat diterapkan dalam pembelajaran maupun kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah pada penelitian ini ialah bagaimana implementasi kurikulum merdeka belajar dalam membentuk profil pelajar pancasila pada pembelajaran PAI kelas VII di SMP Negeri 2 Kedungwuni Pekalongan, dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembentukan profil pelajar pancasila pada pembelajaran PAI kelas VII di SMP Negeri 2 Kedungwuni Pekalongan. Selain itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka belajar dalam Pembentukan Profil Pelajar Pancasila pada Pembelajaran PAI kelas VII SMPN 2 Kedungwuni Pekalongan, di mulai dari cara perencanaan, pelaksanaan dan penilaian, serta faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini diklasifikasikan sebagai penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data primer penelitian ini adalah wakil kepala bidang kurikulum, guru penggerak, guru pendidikan agama islam dan peserta didik kelas VII SMPN 2 Kedungwuni Pekalongan. Adapun data sekunder yang digunakan berupa buku, jurnal dan hasil penelitian sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka belajar dalam Pembentukan Profil Pelajar Pancasila pada Pembelajaran PAI kelas VII SMPN 2 Kedungwuni Pekalongan sudah berjalan sesuai dengan tahap perencanaan, pelaksanaan maupun penilaian. Faktor pendukung implementasi kurikulum merdeka belajar dalam Pembentukan Profil Pelajar Pancasila pada Pembelajaran PAI yaitu faktor kegiatan sekolah, usaha guru dan sekolah, serta sarana dan prasarana yang memadai. Adapun faktor penghambatnya diantaranya belum semua guru paham akan Kurikulum Merdeka Belajar dan Profil Pelajar Pancasila, karakter siswa yang sulit dibentuk, serta kurangnya dana untuk kegiatan project P5.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTa’rifin, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka Belajar, Profil Pelajar Pnacasila, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 25 Jul 2024 06:34
Last Modified: 25 Jul 2024 06:34
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9516

Actions (login required)

View Item View Item