Peran guru dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa melalui metode tanya jawab pada mata pelajaran IPS kelas III di MSI 10 Kramatsari Pekalongan Tahun pelajaran 2018/2019

Nihayah, Ayu (2018) Peran guru dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa melalui metode tanya jawab pada mata pelajaran IPS kelas III di MSI 10 Kramatsari Pekalongan Tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Guru memiliki peranan yang penting dalam proses pembelajaran. Agar dalampembelajaran tercapai tujuannya guru harus mampu memilih metode – metode yang sesuai dengan pokok bahasan yang ingin disampaikan. Pada mata pelajaran IPS kelas III di MSI 10 Kramatsari Pekalongan merupakan salah satu yang masih sering menggunakan metode tanya jawab dalam pembelajarannya disamping menggunakan metode lainnya, dengan tujuan untuk mengantisipasi agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran IPS. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti ingin mengetahui peran guru yang kaitannya dengan menumbuhkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajran IPS kelas III melalui metode tanya jawab . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penggunaan metode tanya jawab pada pembelajaran IPS kelas III di MSI 10 Kramatsari? 2)Bagaimana peran guru dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa melalui metode tanya jawab pada mata pelajaran IPS kelas III di MSI 10 Kramatsari?. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode tanya jawab pada mata pelajaran IPS kelas III di MSI 10 Kramatsari Pekalongan. Untuk mendeskripsikan peran guru dalam menumbuhkan keaktifan siswa melalui metode tanya jawab pada mata pelajaran IPS kelas III di MSI 10 Kramatsari Pekalongan. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskripsi yaitu mendeskripsikan dan menganalisis data yang berupa inforasi maupun uraian dalam bentuk bahasa yang sesuai dengan keadaan sebenarnya yang kemudian diambil suatu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan metode tanya jawab dalam pembelajaran IPS di kelas III MSI 10 Kramatsari tersusun mulai merencanakan pembelajaran, menentukan topik atau materi pelajaran, menentukan tujuan dari pembealajaran itu sendiri, serta menyusun pertanyaan- pertanyaan. Keaktifan belajar siswa di kelas III MSI 10 Kramatsari pada proses pembelajaran IPS tergolong dalam kelas yang aktif dan kondusif. Ada beberapa peran guru dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas III di MSI 10 Kramatsari melalui metode tanya jawab diantaranya adalah : 1)guru berperan sebagai perancang pebelajaran 2) guru sebagai fasilitator 3) guru sebagai pembimbing 4) guru sebagai motivator 5) guru sebagai pengelola.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaulida, ChusnaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Guru, Keaktifan Belajar Siswa, Metode Tanya Jawab
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Noorma Fitriana M. Zain
Date Deposited: 24 Jun 2020 05:05
Last Modified: 24 Jun 2020 05:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/953

Actions (login required)

View Item View Item