Peran guru pembina pramuka dalam mengembangkan bakat dan minat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di kelas V MII Subah Kabupaten Batang

Fauziyah, Disty (2019) Peran guru pembina pramuka dalam mengembangkan bakat dan minat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di kelas V MII Subah Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari adanya potensi yang dimiliki oleh setiap individu. Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang dimiliki setiap orang. Di dalam pendidikan tidak hanya akan diajarkan mengenai ilmu pengetahuan saja akan tetapi perlu diajarkan ketrampilan-ketrampilan yang dapat menunjang prestasi siswa. setiap siswa memiliki bakat dan minat yang berbeda-beda, sehingga guru mempunyai peranan penting dalam mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki siswanya agar dapat bermanfaat dikemudian hari. Ekstrakurikuler pramuka menjadi salah satu alternatif untuk menjembatani bakat dan minat siswa, karena di dalam ekstrakurikuler pramuka terdapat berbagai macam kegiatan yang dapat mengembangkan bakat dan minat siswa. Kelas V merupakan saat dimana anak berada di fase kelas tinggi di Sekolah dasar sehingga anak sudah mulai menunjukkan ketertarikan didalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Oleh sebab itu diperlukan kajian untuk mendalami peran guru dalam mengembangkan bakat dan minat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di kelas V MII Subah. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peran guru dalam mengembangkan minat dan bakat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di kelas V MII Subah? (2) apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan bakat dan minat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di kelas V MII Subah? Jenis Penelitian ini yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Metode atau teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data model Miles dan Huberman, dimana analisis data dalam penelitian deskriptif kualitatif, dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung, dan setelah selesai mengumpulkan data dalam periode tertentu, dengan langkah-langkahnya yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dapat disimpulkan adalah: bahwa peran guru dalam pengembangan bakat dan minat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka sangat penting bagi perkembangan peserta didik di kelas V MII Subah sudah termasuk dalam kategori baik. Guru pembina pramuka selaku penanggung jawab kegiatan pramuka melaksanakan perannya dengan maksimal. Peran guru tersebut antara lain: menjadi informator, motivator, organisator, demonstrator, dan pembimbing. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan bakat dan minat melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di kelas V MII Subah ada dua yaitu faktor pendukung: motif berprestasi, Kurikulum 2013 yang mewajibkan ekstrakurikuler pramuka, dan minat siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka. faktor penghambatnya adalah jadwal kegiatan latihan rutin ramuka yang berbenturan dengan jadwal mengaji di TPQ.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKaryanto, Umum BudiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Pembina Pramuka, Pengembangan Bakat, Minat
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Noorma Fitriana M. Zain
Date Deposited: 24 Jun 2020 05:11
Last Modified: 24 Jun 2020 05:11
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/954

Actions (login required)

View Item View Item