Implementasi metode al-furqoniyyah dalam pembelajaran baca al-qur’an Di TPQ Al-Ikhsan Desa Mojo Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang

Muklisin, Nanang (2024) Implementasi metode al-furqoniyyah dalam pembelajaran baca al-qur’an Di TPQ Al-Ikhsan Desa Mojo Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120066_Cover, Bab I dan Bab V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2120066_full texts.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Metode Al-Furqoniyyah adalah metode untuk mengajarkan cara membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah tajwid. Metode ini berusaha menjawab masalahmasalah tentang bacaan Al-Qur’an yang dirasa kurang pas, seperti bacaan tafkhim yang bibir tidak boleh ikut bergerak ketika berharakat fathah, huruf yang bertasydid tidak boleh digetakkan, begitupun dengan huruf sukun terutama huruf (lam) yang harus lunak atau tarqiq. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an, implementasi metode Al-Furqoniyyah, serta faktor pendukung dan penghambat metode Al-Furqoniyyah dalam pembelajaran baca AlQur’an di TPQ Al-Ikhsan desa Mojo. Penelitian ini tergolong dalam penelitian kualitatif, dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data dengan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa santri di TPQ Al-Ikhsan desa Mojo memiliki kemampuan membaca Al-Qur'an dengan metode AlFurqoniyyah sudah baik. Ini ditunjukkan oleh peningkatan kemampuan tajwid saat membaca Al-Qur'an. Penguasaan makharijul hurufnya sudah baik, tetapi perlu ditingkatkan lagi dalam membaca huruf dzal, ain, syin, shad dan dhod. Sifatul hurufnya juga dikuasai dengan baik; namun, pelafalan sifat huruf syin masih perlu ditingkatkan. Selain itu, tempo santri membaca menunjukkan penguasaan tartilnya yang cukup baik. Implementasi metode Al-Furqoniyyah di TPQ Al-Ikhsan dilaksanakan pada hari Sabtu sampai Kamis pada jam 13.30-15.30 Wib, dengan alokasi waktu 60 menit dalam 1 jam pelajaran dengan empat langkah yaitu kegiatan pembuka, inti, penutup dan evaluasi. Faktor pendukung dalam pembelajaran baca Al-Qur’an di TPQ Al-Ikhsan desa Mojo adalah kecerdasan, motivasi anak, guru, lingkungan keluarga, pergaulan serta sarana dan prasarana, sedangkan faktor penghambatnya adalah kesiapan anak, keberangkatan, lingkungan keluarga dan lingkungan pergaulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFadhilah, NingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Baca Al-Qur’an, Metode Al-Furqoniyyah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 26 Jul 2024 04:34
Last Modified: 08 Oct 2024 08:36
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9597

Actions (login required)

View Item View Item