Pembelajaran Mufradat dengan Metode Bernyanyi di MI Salafiyah Karanganyar 01 Tirto Pekalongan

Hidayanti, Vina (2019) Pembelajaran Mufradat dengan Metode Bernyanyi di MI Salafiyah Karanganyar 01 Tirto Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Kosa kata merupakan salah satu unsur penting dalam suatu bahasa di samping unsur-unsur lainnya. Kualitas ketrampilan berbahasa seseorang bergantung pada kuantitas dan kualitas kosa kata yang dimilikinya. Semakin kaya kosa kata yang dimiliki, semakin besar pula kemungkinan ketrampilan berbahasa. Oleh karena itu, kosa kata merupakan suatu kebutuhan dasar dalam pengajaran bahasa kedua untuk dapat menguasai bahasa tersebut dengan baik. Namun Sering kali melihatanaktidakbersemangatdalammengikutipembelajarandikarenakanmetodeatau media yang digunakan guru tidaktepat, terutamadalampembelajaranbahasa. Bernyanyi merupakan kegiatan yang digemari anak-anak. Bagi anak, kegiatan menyanyi adalah kegiatan yang menyenangkan, dan pengalaman bernyanyi ini memberikan kepuasan kepadanya. Bernyanyi juga merupakan alat bagi anak untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan. Pembelajaran mufradat dengan metode bernyanyi memungkinkan siswa untuk menguasai mufradat lebih banyak dan diharapkan dapat membantu siswa untuk lebih memahami pembelajaran bahasa Arab. Serta dengan metode bernyanyi siswa lebih semangat dalam belajar bahasa Arab. Rumusan masalah dalam penelitian ini ditujukan untuk mengetahui 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran mufradat dengan metode bernyanyi di MI Salafiyah Karanganyar 01 Tirto Pekalongan? Dan 2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran mufradat dengan metode bernyanyi di MI Salafiyah Karanganyar 01 Tirto Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran mufradat dengan metode bernyanyi di MI Salafiyah Karanganyar 01 Tirto Pekalongan? Dan 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran mufradat dengan metode bernyanyi di MI Salafiyah Karanganyar 01 Tirto Pekalongan? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil menunjukkan antara lain bahwa implementasi pembelajaran mufradat dengan metode bernyanyi di MI Salafiyah Karanganyar 01 Tirto Pekalongan dikatakan baik. Metode bernyanyi yang digunakan dalam pembelajaran mufradat di MI Salafiyah Karanganganyar Tirto adalah jenis lagu gubahan, dan media yang digunakan adalah media kertas mufradat dan gambar.Ada beberapa manfaat dari penerapan metode bernyanyi,diantaranya sebagai sarana relaksasi dengan menetralisasi denyut jantung jantung dan gelombang otak, menumbuhkan minat dan menguatkan daya tarik pembelajaran, menciptakan proses pembelajaran lebih humanis dan menyenangkan, sebagai jembatan dalam mengingat materi pembelajaran, mendorong motivasi belajar siswa. Dengan begitu, metode bernyanyi dapat menungkatkan penguasaan mufradat anak.Faktor pendukung dan penghambat dari pembelajaran mufradat dengan metode bernyanyi di MI Salafiyah Karanganyar 01 Tirto Pekalongan yaitu: 1) semangat guru yang tinggi, 2) semangat dan antusis siswa, 3) kreatifitas guru dan siswa, dan juga adanya media yang digunakan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: 1) waktu yang terbatas, dan 2) adanya beberapa anak yang kurang dalam membaca bahasa (tulisan) Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJaeni, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Mufradat, Metode Bernyanyi
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Alghiffary
Date Deposited: 24 Jun 2020 07:31
Last Modified: 24 Jun 2020 07:31
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/970

Actions (login required)

View Item View Item