Analisis kesalahan menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel (spldv) dengan kriteria watson kelas VIII MTs Salafiyah NU Karanganyar

Budiyono, Mohammad (2024) Analisis kesalahan menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel (spldv) dengan kriteria watson kelas VIII MTs Salafiyah NU Karanganyar. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2620037_BAB I dan BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2620037_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah menyelesaikan masalah matematika, siswa dituntut harus mampu menemukan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Namun pada kenyataanya masih banyak siswa yang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan masalah terutama pada soal cerita. Kesalahan siswa disesuaikan dengan kesalahan kriteria Watson yang ada delapan jenis kesalahan yaitu: Kesalahan data tidak tepat, prosedur tidak tepat, data tidak disebutkan, kesimpulan tidak disebutkan, konflik level repon, manipulasi tidak langsung, hirarki keterampilan, dan kesalahan selain ketujuh kategori diatas. Analisis kesalahan pada penelitian ini adalah menyelidiki dan mengupas macam - macam kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi siste persamaan linear dua variable (SPLDV) yang dilakukan berdasarkan kriteria Watson yaitu metode untuk menganalisis kesalahan dalam soal cerita. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1). Bagaimana jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV berdasarkan kriteria watson kelas VIII MTs Salafiyah NU Karanganyar? 2). Apa saja faktor penyebab yang mempengaruhi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV berdasarkan kriteria watson?. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). mengidentifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita pada materi SPLDV berdasarkan kriteria watson kelas VIII MTs S NU Karanganyar. 2). Untuk menganalisis faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesalahan dalam menyesaikan soal cerita matematika pada materi SPLDV dengan kriteria Watson siswa kelas VIII MTs S NU Karanganyar. Penelitian yang dilakukan di MTs S NU Karanganyar menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengambilan sampel menggunakan stratified sampling. Adapun pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII F MTs S NU Karanganyar. Kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi SPLDV yaitu : kesalahan data tidak disebutkan, kesimpulan hilang, dan masalah hirarki keterampilan. Kesalahan data tidak disebutkan disebabkan karena siswa mengangap tidak perlu menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal. Kesalahan masalah hirarki keterampilan disebabkan karena siswa kurang teliti dalam menyelesaikan soal. Kesalahan kesimpulan hilang disebabkan siswa tidak terbiasa membuat kesimpulan, tidak menemukan hasil akhir dari penyelesaian, serta siswa terburuburu dalam menyelesakan soal sehingga lupa menuliskan kesimpulan akhir.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPramesti, Santika Lya Diah PramestiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Watson, Materi SPLDV
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 515 Analysis, Theory of Functions/Analisis, Teori Fungsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 29 Jul 2024 02:29
Last Modified: 03 Oct 2024 02:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9773

Actions (login required)

View Item View Item