Islami, Yunita Nur (2024) Strategi komunikasi dakwah Ustadz Irfan Rizki Haas melalui media sosial tiktok. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
3419057_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
3419057_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Strategi dakwah adalah metode yang digunakan untuk menyebarkan ajaran agama Islam dan mengajak orang-orang untuk memahami serta mengikuti ajaran tersebut. Strategi digunakan untuk memudahkan da’i mampu terkoneksi dengan mad’u. Selain strategi yang tepat digunakan, perlu adanya gaya bahasa yang mampu diterima oleh mad’u. Terdapat berbagai macam strategi komunikasi dakwah dan gaya bahasa dakwah yang dapat dilakukan oleh da’i, salah satunya adalah dengan memanfaatkan media sosial seperti yang dilakukan oleh Ustadz Irfan Rziki Haas. Media sosial yang menjadi tren saat ini adalah TikTok, di mana aplikasi tersebut sangat efektif sebagai pemanfaatan dakwah karena mudah dijangkau oleh berbagai generasi dan pesan dakwah tersebut akan mudah tersebar karena banyaknya pengguna aktif TikTok terutama di Indonesia. TikTok menjadi populer karena memiliki beragam fitur untuk mendukung pembuatan konten dakwah sehingga mampu menarik perhatian mitra dakwah dalam penyampaian pesan. Serta penyampaian pesan menjadi lebih efektif karena adanya fitur-fitur yang dimiliki oleh apliksi TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi dakwah yang dilakukan Ustadz Irfan Rziki Haas.. Selanjutnya untuk mengetahui strategi dakwah yang digunakan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian analisis konten serta menggunakan teori strategi dakwah Al-Bayanuni yang terdiri dari strategi sentimentil yaitu dakwah yang menyentuh hati dan emosi, strategi rasional yaitu dakwah yang menggunakan logika, dan strategi indrawi yaitu dakwah yang dilakukan dengan pendekatan melalui panca indera. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa Ustadz Irfan dalam membuat konten dakwahnya menerapkan strategi komunikasi dakwah Al-Bayanuni. Kemudian menggunakan gaya bahasa yang sesuai dengan prinsip komunikasi dalam Al-Quran yaitu qaulan maisura (perkataan yang pantas); qaulan layyina (perkataan yang lembut); qaulan baligha (perkataan yang efektif/menyentuh hati); qaulan ma’rufa (perkataan yang baik); qaulan sadida (perkataan yang benar); dan qaulan karima (perkataan yang mulia).
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Srategi dakwah, tikTok, Al-Bayanuni | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.59 Pers dan Media Massa Islam di Lokasi Tertentu 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2024 06:11 | ||||||||
Last Modified: | 09 Aug 2024 02:56 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9800 |
Actions (login required)
View Item |