Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Islam YMI Wonopringgo Dalam Menyelesaikan Soal Cerita.

Agustina, Putri Kamilia (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Islam YMI Wonopringgo Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2620114_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2620114_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Dalam mengerjakan soal cerita matematika siswa seringkali menjumpai kesulitan diantaranya kesulitan dalam merencanakan penyelesaian masalah, menentukan operasi hitung atau rumus yang akan digunakan, dann kesulitan dalam pengambilan kesimpulan. Kemampuan komunikasi matematis dapat membantu siswa dalam memahami konsep matematika dalam pemecahan masalah dan cara berkomunikasi yang efektif dalam konteks pembelajaran matematika. Untuk itu, guru perlu memilih model pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Salah satunya adalah model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compositon (CIRC). Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) apakah model pembelajaran CIRC berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuna komunikasi matematis sisiwa kelas VII SMP dalam menyelesaikan soal cerita? 2) seberapa besar pengaruh pembelajaran CIRC terhadap kemampuan komunikasi matematis siwa kelas VII SMP dalam menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan motedo eksperimen yang dapat digunakan untuk melihat hubungan antara variabel-variabel dalam penelitian. Untuk itu, dalam penelitian ini akan dibentuk dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok control. Data dalam penelitian ini diambil dari pre-test dan post-test . Dari penelitian ini diapatkan hasil nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 76,894 sedangkan kelas control 54,394. Berdasarkan uji independent sample t-tesi diperoleh nilai sig(2-tailed) sebesar 0,001 dimana 0,001<0,005 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Setelah dilakukan uji effect size cohen’d yang menunjukkan nilai sebesar 1,426 dimana nilai tesebut termasuk kriteria sangat besar. Jadi, dapat disimpulkan bhawa model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP dalam menyelesaikan soal cerita dengan pengaruh yang sangat besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Komunikasi Mtematis, Soal Cerita
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 29 Jul 2024 06:46
Last Modified: 02 Oct 2024 02:36
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9802

Actions (login required)

View Item View Item