Implementasi pembelajaran iqra’ di TPQ Al-Amin desa Notogiwang Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan

Sulistiya, Putri Dewi Astuti (2024) Implementasi pembelajaran iqra’ di TPQ Al-Amin desa Notogiwang Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119050_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2119050_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran ialah sebuah proses yang memiliki tujuan untuk tercapainya sebuah pengetahuan dan pengalaman. Pembelajaran Iqra’ dipilih karena mengingat begitu agungnya kedudukan kitab al-Qur’an bagi umat Islam. Dalam mempelajari al-Qur’an ilmu yang harus di pakai tidaklah hanya menggunakan satu kajian ilmu saja, akan tetapi kita harus mengetahui dan menguasai banyak ilmu agar kita tidak salah dalam membaca, memahami dan mengamalkan isi al-Qur’an. Pembelajaran Iqra’ di TPQ Al-Amin Desa Notogiwang Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan masih sangat banyak kekurangannya, akan tetapi dengan kreatifitas para ustadznya pembelajaran Iqra’ di TPQ ini dapat terlaksana dengan baik. Berdasaarkan latar belakang tersebut rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Pembelajaran Iqra’ Di TPQ Al-Amin Desa Notogiwang Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan? Apa faktor yang mempengaruhi pembelajaran Iqra’ Di TPQ Al-Amin Desa Notogiwang Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pembelajaran Iqra’ Di TPQ Al-Amin Desa Notogiwang Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research) dengan maksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Yang dipaparkan dengan teknik analisis deskriptif maka analisanya berlangsung selama dan pasca pengumpulan data, yang dipaparkan dalam bentuk narasi. Persiapan pembelajaran di TPQ Al-Amin menekankan pada penentuan tujuan dan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi dan tingkatan santri. Meskipun demikian, TPQ ini belum menerapkan perencanaan pembelajaran yang terstruktur seperti di pendidikan formal, meski hal ini sangat penting untuk efektivitas dan kualitas pengajaran. Fleksibilitas dalam perencanaan di TPQ Al- Amin memungkinkan adaptasi yang lebih baik sesuai dengan kebutuhan santri. Pelaksanaan program pembelajaran di TPQ Al-Amin lebih menekankan teknik membaca Al-Qur'an daripada memahami prinsip-prinsip dasar tajwid. Kurikulum yang fleksibel dan tidak terstruktur seperti pendidikan formal memerlukan usaha ekstra dari ustadz dan ustadzah dalam merancang materi dan metode pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Evaluasi di TPQ Al-Amin mencakup evaluasi harian dan kenaikan jilid. Evaluasi harian bertujuan menilai kesiapan santri untuk materi selanjutnya, meskipun belum didokumentasikan dengan baik. Evaluasi kenaikan jilid memastikan pemahaman yang baik pada tahap sebelumnya, membantu meningkatkan kemampuan berpikir dan kekuatan mental santri. Hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa kegiatan pembelajaran Iqra’ Di TPQ Al-Amin Desa Notogiwang sudah berjalan dengan baik meskipun masih terdapat beberpa kekurangan khususnya dalam menerapkan pembelajaran ilmu tajwid, kemudian kondisi psikologis santri yang belum siap ketika pembelajaran, kurangnya sarana dan prasarana dan minimnya tenga pengajar itu juga menjadi kendala bagi TPQ Al-Amin dalam menjalankan proses pembelajaranya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMa’mun, Ma’munUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Iqra’ , al-Qur’an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 29 Jul 2024 09:26
Last Modified: 08 Oct 2024 08:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9831

Actions (login required)

View Item View Item