Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dengan Pendekatan Teori Van Hiele Terhadap Peningkatan Kemampuan Verbal Reasoning Pada Materi Geometri Di Siswa Smp

Safira, Nurita Hayati (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dengan Pendekatan Teori Van Hiele Terhadap Peningkatan Kemampuan Verbal Reasoning Pada Materi Geometri Di Siswa Smp. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2620080_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (493kB)
[img] Text
2620080_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Siswa di tingkat sekolah menengah pertama sering menghadapi tantangan dalam mengembangkan kemampuan verbal reasoning. Siswa kesulitan dalam memahami soal matematika yang diungkapkan secara verbal, merumuskan pemikiran secara lisan, atau menjelaskan langkah-langkah penyelesaian dengan jelas. Salah satu penyebab dari kurangnya kemampuan verbal reasoning pada siswa SMP yaitu karena pembelajaran yang diberikan kepada siswa hanya dalam bentuk konsep yang harus dihafalkan, bukan sebagai konsep yang bermakna. Hal ini memerlukan suatu inovasi dalam pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dengan pendekatan teori Van Hiele. Model pembelajaran ini menekankan pada penerapan konteks nyata dalam pembelajaran matematika sehingga siswa akan terbiasa mengaitkan setiap materi matematika dengan kehidupan nyata siswa dan dapat membantu mereka memahami masalah yang kompleks. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dengan pendekatan teori Van Hiele terhadap peningkatan kemampuan verbal reasoning pada materi geometri di siswa SMP dan bagaimana efektivitas model pembelajaran tersebut diterapkan pada materi geometri di siswa SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan dan bagaimana efektivitas model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dengan pendekatan teori Van Hiele terhadap peningkatan kemampuan verbal reasoning pada materi geometri di siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan nonequivalent pretest-posttes control group desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah 254 siswa. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Adapun sampel pada penelitian ini berjumlah 64 siswa yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model contextual teching and learning (CTL) dengan pendekatan teori Van Hiele dan kelas kontrol yang tidak diberi model tersebut. Teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Data penelitian berupa tes tersebut dianalisis menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil uji hipotesis independent samples t-test menunjukkan nilai t_hitung adalah 4,884 dengan derajat kebebasan dk = n_1+n_1-2=62 maka t_tabel = 1,699. Maka berarti nilai t_hitung > t_tabel yaitu 4,884 > 1,699. Selain itu taraf signifikansinya yaitu nilai Sig (2 tailed) 0,000 < 0,05. Sehingga dari nilai t_hitung dan nilai Sig maka H_0 ditolak dan H_1 diterima dan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran contextual teching and learning (CTL) dengan pendekatan teori Van Hiele efektif terhadap peningkatan kemampuan verbal reasoning pada materi geometri di siswa SMP.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFadli, Failasuf198609182015031005UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Contextual teaching and learning (CTL), Teori Van Hiele, Kemampuan Verbal reasoning.
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 30 Jul 2024 01:34
Last Modified: 02 Oct 2024 03:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9849

Actions (login required)

View Item View Item