Mukminah, Nurul (2024) Peran manajemen sekolah dalam implementasi pendidikan berbasis inklusi di MI Walisongo Kranji 01 Kabupaten Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Cover_Bab I dan Bab VII.pdf Download (2MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Pendidikan berbasis inklusi merupakan sebuah pendekatan pendidikan yang mengakomodasikan semua peserta didik tanpa memandang perbedaan fisik, emosi, mental, sosial, atau bakat istimewa yang mereka miliki. Pendidikan ini telah diatur dalam peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 70 tahun 2009. Kebijakan ini lahir dengan latar belakang beberapa pertimbangan salah satunya adalah untuk memastikan bahwa setiap peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar dan berkembang sesuai dengan kemampuan dan potensi mereka. Salah satu sekolah berbasis inklusi adalah MI Walisongo Kranji 01 yang berada di Kabupaten Pekalongan. Mi Walisongo Kranji 01 Kabupaten Pekalongan telah mengimplementasikan pendidikan berbasis inklusi sejak tahun 2012. Penelitian ini bertujuan, pertama untuk menganalisis implementasi pendidikan berbasis inklusi di MI Walisongo Kranji 01 Kabupaten Pekalongan. Kedua, untuk mengenalisis faktor-faktor penghambat implementasi pendidikan berbasis inklusi di MI Walisongo Kranji 01 Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif interaktif. Metode ini dipilih karena memungkinkan peneliti untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang fenomena yang diteliti. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru, kepala sekolah, dan staf di MI Walisongo Kranji 01. Selain itu peneliti juga melakukan observasi langsung terhadap proses belajar mengajar di kelas-kelas inklusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan berbasis inklusi di MI Walisongo Kranji 01 terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan sekolah melakukan seleksi dan input peserta didik yang akan masuk ke kelas inklusi. Seleksi ini dilakukan dengan hati-hati untuk memastikan bahwa setiap peserta didik yang masuk benar-benar membutuhkan pendidikan inklusi dan dapat berpartisipasi aktif dalam proses belajar mengajar. Pada tahap pelaksanaan, sekolah melakukan berbagai persiapan, termasuk persiapan infrastruktur yang ramah bagi semua peserta didik. Termasuk penyediaan sumber daya kebutuhan peserta didik inklusi serta modifikasi kurikulum dan pelaksanaan PPI bagi siswa inklusi. Pada tahap evaluasi, sekolah melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran, baik secara lisan maupun tulisan. Faktor penghambat Implementasi pendidikan berbasis inklusi di MI tersebut adalah keterbatasan anggaran sekolah, kurangnya GPK, dan penyesuaian administrasi.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Inklusi, Sekolah Inklusi, Sekolah Dasar | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2024 01:54 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Oct 2024 04:37 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9870 |
Actions (login required)
View Item |