KOMUNIKASI DAKWAH MELALUI MEDIA YOUTUBE (Analisis Pesan Dakwah Gus Baha’ Pada Channel NU Online)

ilmi, nailal (2024) KOMUNIKASI DAKWAH MELALUI MEDIA YOUTUBE (Analisis Pesan Dakwah Gus Baha’ Pada Channel NU Online). Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3417030_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3417030_full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Nailal Ilmi. 2024. KOMUNIKASI DAKWAH MELALUI MEDIA YOUTUBE (Analisis Pesan Dakwah Gus Baha’ Pada Channel NU Online). Skripsi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Islam Negri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Muhammad Rikzam Kamal, M.Kom. Kata Kunci: Youtube, Pesan Dakwah, Analisis Isi Kuantitatif Beberapa channel youtube Indonesia membuat laman dengan Tema Islam, NU Online termasuk salah satu platform yang menyebarkan ajaran agama Islam melalui beberapa ulama yang ada di Indonesia salah satunya Gus Baha’, lebih lanjut kegiatan seperti ini mampu dikategorikan kedalam Trilogi Agama Islam. Pesan dakwah ini yang pula yang akan coba dicari oleh penulis dalam Video ceramah Gus Baha pada channel NU Online Melihat dari Video unggahan ceramah Gus Baha’ pada channel NU Online, Gus Baha’ memberikan ceramah-ceramah yang menyampaikan ajaran Islam. Rumusan masalah yang penulis dapat tuliskan adalah Bagaimana pesan dakwah ceramah Gus Baha dalam channel youtube NU Online dan Bagaimana dominasi pesan dakwah yang disampaikan Gus Baha dalam channel youtube NU Online Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi Kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Lasswel sebagai pionir analisis isi memperkenalkan teknik pengkoderan simbol, yaitu mencatat lambang atau pesan yang disusun secara sistematis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengkodingan. Hasil yang dapat dirinci berdasarkan perhitungan frekuensi keseluruhan dari dua coder, nilai Akhlak mendapatkan nilai 41% nilai ini adalah yang tertinggi dari dari hasil yang ditemukan, selanjutnya nilai Syariah dengan terhitung mencapai presentase 35% dari perhitungannya keseluruhan dari kedua coder dan nilai Aqidah dari kedua coder terhitung hasil presentase mencapai 24%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamal, Muhammad RikzamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Youtube, Pesan Dakwah, Analisis Isi Kuantitatif
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 09 Aug 2024 02:37
Last Modified: 09 Aug 2024 02:37
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9888

Actions (login required)

View Item View Item