Alfalah, Zulfina (2024) Bimbingan karir berbasis islami dalam mengarahkan pilihan karir siswa SMK Gatra Praja Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
3518078_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (2MB) |
|
Text
3518078_FullText.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Pilihan karir diartikan sebagai pengambilan keputusan untuk menentukan konsep dan merealisasikannya. Untuk dapat memilih keputusan yang tepat, individu harus dapat memahami potensi dirinya dan disesuaikan dengan pekerjaan yang diinginkan. Menguraikan informasi pekerjaan yang didapat, baik buruk dan hambatannya sesuai keadaan lingkungan individu serta memperhatikan dukungan untuk keberlangsungan dalam menjalani atau meraih pekerjaan tersebut. Melalui bimbingan karir islami yang diberikan guru bimbingan konseling memberikan pandangan dan bimbingan dalam berkarir, hingga karir yang dilalui dapat berjalan dengan baik dan sukses yang berpedoman pada al-qur’an dan hadist. Dengan kata lain bimbingan karir islami memberikan bimbingan untuk memahami diri sendiri, memahami potensi yang dimiliki atau kembali pada fitrahnya. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pilihan karir siswa SMK Gatra Praja Pekalongan dan bagaimana proses bimbingan karir islami dalam mengarahkan pilihan karir siswa SMK Gatra Praja Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pilihan karir siswa SMK Gatra PrajanPekalongan, dan untuk mengetahui proses bimbingan karir islamindalam mengarahkan pilihan karir siswa SMK Gatra Praja Pekalongan. rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pilihan karir siswa SMK Gatra Praja Pekalongan dan bagaimana proses bimbingan karir islami dalam mengarahkan pilihan karir siswa SMK Gatra Praja Pekalongan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitiannlapangan (fieldnresearch). Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang dikembangkan oleh Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bimbingan karir islami yang diterapkan di SMK Gatra Praja Pekalongan dilaksanakan dalam bentuk layanan bimbingan individu dan bimbingan kelompok. Disusun berdasarkan need assessment siswa, layanan bimbingan karir islami ini bertujuan untuk mengarahkan pilihan karir siswa, sehingga siswa memiliki kemampuan maupun ketrampilan dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan pendidikan, pekerjaan dan jabatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan karir islami, pilihan karir | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2024 08:03 | ||||||||
Last Modified: | 07 Aug 2024 08:14 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9936 |
Actions (login required)
View Item |