Janah, Uslifatul (2024) Program Jam Tambahan Melalui Whole Word Method Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Siswa Kelas 1 di MI YMI Wonopringgo 03 Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H.Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2317105_Cover Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2317105_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Program jam tambahan adalah program belajar yang dilaksanakan diluar program intrakurikuler sekolah. Artinya, kegiatan program jam tambahan dilaksanakan setelah program belajar reguler disekolah telah berakhir. Salah satu metode yang digunakan dalam program jam tambahan membaca yaitu whole word method. Whole word method adalah metode yang diawali pengenalan suku kata dan dirangkai menjadi kata-kata bermakna. Berangkat dari latar belakang di atas, oleh karena itu penulis mengambil beberapa rumusan masalah untuk penelitian ini, yaitu : (1)Bagaimana pelaksanaan program jam tambahan melalui whole word method untuk mengatasi kesulitan belajar siswa kelas 1 di MI YMI Wonopringgo 03 Kabupaten Pekalongan?, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat program jam tambahan melalui whole word method untuk mengatasi kesulitan belajar siswa kelas 1 di MI YMI Wonopringgo 03 Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Adapaun metode pengumpulan data yang digunakan adalah : metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode analisis data. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian mengenai Pelaksanaan Program Jam Tambahan Melalui Whole Word Method Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Siswa Kelas 1 di MI YMI Wonopringgo 03 Kabupaten Pekalongan dapat ditarik kesimpulan yaitu pelaksanaan program jam tambahan yang dilaksanakan di MI YMI Wonopringgo 03 Kabupaten Pekalongan dilaksanakan seminggu sekali setiap hari senin pada saat pembelajaran telah berakhir. Faktor pendukung program jam tambahan belajar membaca ada 2 yaitu: (1) Faktor internal yang mendukung meliputi minat dan dukungan orang tua siswa. (2) Faktor eksternal yang mendukung meliputi motivasi dan kemampuan guru dalam memberikan dukungan. Seangkan faktor penghambat program jam tambahan belajar membaca ada 2 yaitu: (1) Faktor internal yang menghambat yaitu penyesuaian diri. (2) Faktor eksternal yang menghambat meliputi sarana dan prasarana dan ada mata pelajaran yang harus dikejar dan diselesaikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Program Jam Tambahan, Whole Word Method, Kesulitan Belajar Membaca. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2024 02:01 | ||||||||
Last Modified: | 31 Jul 2024 02:01 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10011 |
Actions (login required)
View Item |