PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA MI SALAFIYAH BLIGO

Bahri, Moh. Saiful (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA MI SALAFIYAH BLIGO. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pengembangan bahan ajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) berbasis Problem Based Learning (PBL) yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman di MI Salafiyah Bligo merupakan langkah krusial dalam meningkatkan karakter siswa dan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bukti empiris tentang efektivitas bahan ajar yang dikembangkan dalam membentuk siswa yang berkarakter, berintegritas, dan berakhlak mulia sesuai dengan ajaran Islam. Integrasi nilai-nilai keislaman dalam bahan ajar IPAS dapat meningkatkan pengalaman belajar siswa dan memberikan kontribusi yang signifikan pada pengembangan kurikulum serta wawasan pendidikan Islam secara lebih luas. Penelitian ini akan mengkaji rumusan masalah yaitu: (1) Mengapa perlu dikembangkan bahan ajar ilmu pengetahuan alam dan sosial berbasis Problem Based Learning terintegrasi nilai-nilai keislaman dalam membentuk karakter siswa MI Salafiyah Bligo?; (2) Bagaimana pengembangan bahan ajar tersebut?; (3) Bagaimana kepraktisan bahan ajar tersebut?; dan (4) Bagaimana efektivitas bahan ajar tersebut?. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menganalisis kebutuhan bahan ajar ilmu pengetahuan alam dan sosial berbasis Problem Based Learning terintegrasi nilai-nilai keislaman dalam membentuk karakter siswa MI Salafiyah Bligo; (2) Mengembangkan bahan ajar terebut; (3) Menguji kepraktisan penggunaannya; dan (4) Menguji efektivitasnya dalam membentuk karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan pendekatan metode pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Pendekatan ini digunakan untuk menganalisis kebutuhan, menerapkan model pengembangan produk ADDIE, serta melakukan uji praktikalitas dan uji efektivitas produk yang dikembangkan. Hasil daripenelitian ini yaitu: (1) Guru dan siswa menyatakan pembelajaran IPAS yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman sangat penting bagi peserta didik dan mendukung penggunaan metode PBL, sehingga bahan ajar ini sangat diperlukan; (2) Pengembangan produk mendapatkan nilai skor rata-rata dari ahli bahan ajar 3,36, ahli materi 3,63, dan ahli bahasa 3,50. Uji skala kecil mendapatkan skor rata-rata 3,83 dari guru dan 3,71 dari siswa. Secara keseluruhan, produk ini dinilai layak digunakan dalam pembelajaran di MI Salafiyah Bligo; (3) Skor kepraktisan bahan ajar adalah 94,68% yang mengindikasikan bahwa bahan ajar sangat praktis; (4) Skor t hitung 19,454 (lebih besar dari t tabel 2,110) dan p-value 0,000 < 0,05. Ini menyimpulkan bahwa bahan ajar berbasis PBL terintegrasi nilai-nilai keislaman efektif dalam membentuk karakter siswa MI Salafiyah Bligo. Hasil uji N-Gain menunjukkan skor 0,8478 atau 84,78%, menunjukkan kategori sangat efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohayana, Ade Dedi197101151998031005UNSPECIFIED
Thesis advisorMahmudah, Umi198407102023212033UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, IPAS, PBL, Nilai-nilai Islami, Karakter
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 02 Aug 2024 07:17
Last Modified: 02 Aug 2024 07:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10019

Actions (login required)

View Item View Item