Pengaruh Religiusitas, Literasi Keuangan Syariah Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah (Studi Atas Mahasiswa Fakultas Ekonomi Perguruan Tinggi Di Pekalongan)

Saptria, Ditya Eka (2024) Pengaruh Religiusitas, Literasi Keuangan Syariah Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah (Studi Atas Mahasiswa Fakultas Ekonomi Perguruan Tinggi Di Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4118259_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4118259_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
4118259_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Ditya Eka Saptria, 2024, Pengaruh religiositas, literasi keuangan syariah, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menabung di bank syariah (studi atas mahasiswa fakultas ekonomi perguruan tinggi Pekalongan), Agus Arwani M.Ag Pemahaman tentang religiositas, pengetahuan keuangan syariah dan kualitas pelayanan adalah tiga aspek yang bisa mempengaruhi seseorang dalam mengambil keputusan yang tepat dalam menabung. Melalui pemahaman religiositas yang tinggi dan literasi keuangan syariah yang baik serta menganalisa kualitas pelayanan diharapkan bisa menjadi mahasiswa yang berkualitas untuk kemajuan bangsa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh religiositas, literasi keuangan syariah, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menabung di bank syariah yang dilakukan mahasiswa jurusan ekonomi perguruan tinggi Pekalongan. Penelitian ini menggunakan jenis Field research dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapatkan langsung dari jawaban responden pada kuesioner penelitian yang dibagikan kepada 93 responden mahasiswa jurusan ekonomi syariah di perguruan tinggi Pekalongan, peneliti melakukan penyebaran kuesioner penelitian ini secara offline yaitu dengan cara membagikan kertas kuesioner kepada responden secara langsung. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan etode analisis data uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa religiositas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung di bank syariah, literasi keuangan syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung di bank syariah, kemudian kualitas pelayanan juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung di bank syariah. Adapun Ketika diuji secara bersama-sama menunjukkan hasil variabel independent religiositas, literasi keuangan syariah, dan kualitas pelayan berpengaruh terhadap keputusan menabung di bank syariah walaupun hanya dapat menjelaskan 49,1% sedangkan sisanya sebesar 50,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorArwani, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Religiositas, Literasi Keuangan Syariah, Kualitas Pelayanan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:30
Last Modified: 31 Jul 2024 03:30
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10026

Actions (login required)

View Item View Item