Implementasi handout berbasis cerita bergambar dalam menumbuhkan motivasi baca siswa kelas II MI Walisongo Kebonrowopucang Kota Pekalongan

Amelia, Nailatul Riski (2024) Implementasi handout berbasis cerita bergambar dalam menumbuhkan motivasi baca siswa kelas II MI Walisongo Kebonrowopucang Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320172_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2320172_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
2320172_ LAMPIRAN.pdf.crdownload
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Rendahnya nilai PISA siswa Indonesia menjadi perdebatan dikalangan pendidikan sejak siswa Indonesia pertama kali mengikuti Program Penilaian Akademik Sekolah Internasional (PISA). Salah satu yang perlu ditingkatkan yaitu ketrampilan membaca. Kemampuan membaca tetap kurang yang diharapkan, ini berarti bahwa guru harus memberikan perhatian dan mendorong siswa untuk membaca menjadi sebuah pembiasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mejelaskan implementasi handout berbasis cerita bergambar dalam menumbuhkan motivasi baca siswa kelas II MI Walisongo Kebonrowopucang, serta untuk mengkaji hasil implementasi handout berbasis cerita bergambar dalam menumbuhkan motivasi baca siswa kelas II MI Walisongo Kebonrowopucang Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru kelas II dan siswa kelas II MI Walisongo Kebonrowopucang Kota Pekalongan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi serta analisis data yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwa implementasi handout berbasis cerita bergambar mampu menumbuhkan motivasi baca siswa kelas II. Dalam perencanaan pembelajaran guru dimulai dengan pembuatan modul ajar disertai dengan pemilihan handout, setelah itu guru melakukan tanya jawab untuk bertanya terkait bacaan yang telah dibaca pada bahan ajar tersebut. Kemudian dalam pelaksanaannya, guru kelas II MI Walisongo Kebonrowopucang Kota Pekalongan menerapkan dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Dan terakhir pada evaluasi penilaian yang digunakan dalam implementasi handout berbasis cerita bergambar yaitu berupa tes lisan dan tes tulis dengan menggunakan LKPD. Tujuan dari evaluasi ini yaitu untuk memantapkan pemahaman siswa terkait apa yang telah dibaca, maka dari itu perlu diadakannya tes. Berdasarkan transkip nilai siswa hasil implementasi handout berbasis cerita bergambar dalam menumbuhkan motivasi baca siswa kelas II MI Walisongo Kebonrowopucang Kota Pekalongan diperoleh dengan rata-rata nilai 80-90 dengan predikat (A), hal ini menandakan bahwa dengan diterapkannya handout berbasis cerita bergambar pada siswa kelas II MI Walisongo Kebonrowopucang mampu memnumbuhkan motivasi baca.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPuspitaningrum, DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Handout, Cerita Bergambar, dan Motivasi Baca
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 31 Jul 2024 06:49
Last Modified: 31 Jul 2024 06:49
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10039

Actions (login required)

View Item View Item