Chonitsa, Ana (2024) Praktik pendidikan agama Islam dalam upaya meningkatkan resiliensi siswa saat mengalami stres akademik di SMP Negeri 6 Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2119341_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2119341_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Stres akademik merupakan fenomena yang sering dihadapi oleh siswa diberbagai jenjang pendidikan. masalah stres akademik dikhawatirkan akan terus ada dan berkembang sejalan dengan pelaksanaan pendidikan. Sebagaimana Pendidikan Agama Islam menjadi bagian integral kurikulum pendidikan di Indonesia, memiliki potensi untuk membantu siswa mengelola stres akademik melalui upaya peningkatan resiliensi siswa. Penelitian ini mendiskusi tiga rumusan masalah yang meliputi : (1) Bagaimana praktik Pendidikan Agama Islam dalam upaya meningkatkan resiliensi siswa saat mengalami stres akademik di SMP Negeri 6 Batang, (2) Bagaimana problematika yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya meningkatkan resiliensi siswa saat mengalami stres akademik di SMP Negeri 6 Batang, dan (3) Bagaimana solusi yang ditawarkan oleh Guru Pendidikan Agama Islam dalam menghadapi problematika praktik Pendidikan Agama Islam dalam upaya meningkatkan resiliensi siswa saat mengalami stres akademik di SMP Negeri 6 Batang.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) Praktik Pendidikan pendidikan agama Islam dalam upaya meningkatkan resiliensi siswa saat mengalami stres akademik di SMP Negeri 6 Batang; (2) Problematika guru PAI dalam upaya meningkatkan resiliensi siswa saat mengalami stres akademik di SMP Negeri 6 Batang; dan (3) solusi yang ditawarkan guru PAI dalam menghadapi problematika praktik Pendidikan Agama Islam dalam upaya meningkatkan resiliensi siswa saat mengalami stres akademik di SMP Negeri 6 Batang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis Miles Huberman, dan Saldana meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Praktik pendidikan agama Islam dalam upaya meningkatkan resiliensi siswa saat mengalami stres akademik di SMP Negeri 6 Batang terdiri dari penguatan dasar agama Islam, strategi pendekatan guru Pendidikan Agama Islam, serta variasi metode dan media pembelajaran keagamaan Islam; (2) Problematika yang harus dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya meningkatkan resiliensi siswa terdiri dari kurangnya dukungan dari keluarga siswa, lingkungan pertemanan yang kurang positif, dan perkembangan teknologi; (3) Solusi yang ditawarkan guru PAI dalam menghadapi problematika dengan cara mengenali karakter siswa, mendengarkan keluh kesah siswa, dan membuat kesepakatan bersama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Guru PAI, Resiliensi, Stres Akademik | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2024 01:07 | ||||||||
Last Modified: | 08 Oct 2024 08:32 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10046 |
Actions (login required)
View Item |