Chaq, Rizqi Laeli Izzul (2024) Implementasi Media Pembelajaran Audio Visual Pada Pembelajaran Ipas. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2319060_COVER_BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2319060_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
2319060_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah kemajuan teknologi di era revolusi industri 4.0 yang segala sesuatunya banyak memanfaatkan platform digital termasuk di bidang pendidikan yang menggunakan teknologi audio visual pada saat proses pembelajaran. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui implementasi media pembelajaran audio visual pada pembelajaran IPAS di SDN Karangasem 04 Batang. 2) Untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan implementasi media pembelajaran audio visual dalam pemblejaran IPAS di SDN Karangasem 04 Batang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) Implementasi media audio visual menjadi salah satu media yang digunakan dalam proses pembelajaran, dimana media tersebut memanfaatkan indera pendengaran dan penglihatan dalam proses penyerapan pesan yang termuat pada media tersebut. pelaksanaan media audio visual ini mempunyai tujuan dapat mempermudah guru dalam penyampaian materi dan mendorong keinginan siswa untuk mengetahui hal lebih banyak, sehingga siswa mudah memahami materi yang telah dijelaskan guru. 2) Pada proses pembelajaran menggunakan media pemelajaran audio visual memiliki kelebihan karena mempermudah guru dalam penyampaian materi dan mendorong semangat siswa dalam belajar dan agar tidak membosankan dalam proses pembelajaran IPAS, dan masih ada kelemahan pada saat pelaksanaan implementasi media audio visual dalam pembelajaran berlangsung. Masih ada siswa keluar masuk kelas dan sarana yang tersedia belum terlalu lengkap, serta pengalokasian waktu. Pelaksanaan media audio visual dalam pembelajaran ini dapat mendorong semangat dan rasa suka siswa terhadap pelajaran IPAS, sehingga diharapkan siswa mudah memahami materi yang diajarkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Media Pembelajaran Audio Visual, IPAS | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2024 07:56 | ||||||||
Last Modified: | 28 Sep 2024 07:26 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10065 |
Actions (login required)
View Item |