Khusna, Milatul (2024) Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Market Day Siswa Kelas IV Di Mi Rifa’iyah Bojongminggir. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2320127_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2320127_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam kurikulum merdeka merupakan program pembelajaran kokurikuler berbasis projek bahwa tidak semua lembaga pendidikan khususnya jenjang SD/MI-sederajat mampu menerapkan pembelajaran berbasis projek dalam rangka implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan proyek penguatan profil pelajar pancasila melalui kegiatan market day siswa kelas IV Di Mi Rifa’iyah Bojongminggir serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari penerapan proyek penguatan profil pelajar pancasila melalui kegiatan market day siswa kelas IV Di Mi Rifa’iyah Bojongminggir. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian berupa penelitian lapangan (file research ), dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Oleh karena itu, dalam analisis data penelitian menggunakan empat langkah utama dalam penelitian ini yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama penerapan proyek penguatan profil pelajar pancasila melalui kegiatan market day siswa kelas IV di MI Rifa’iyah Bojongminggir terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan meliputi; sosialisasi kegiatan marker day, menentukan waktu kegiatan, memberikan motivasi, menjelaskan teknik dan jenis produk, peraturan kegiatan market day. Pelaksanaan meliputi; pembuatan produk, persiapan market day dan penjualan produk. Evaluasi meliputi; refleksi kegiatan dan penilaian kegiatan proyek. Adapun projek pengutan profil pelajar pancasila di MI Rifa’iyah Bojongminggir dapat memunculkan enam dimensi profil pelajar pancasila meliputi berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong-royong, mandiri, kreatif, dan bernalar kritis. Kedua adapun faktor pendukung dan faktor penghambat dari proyek penguatan profil pelajar pancasila melalui kegiatan market day siswa kelas IV di MI Rifa’iyah Bojongminggir yaitu Faktor pendukung meliputi; perlibatan orang tua dalam pembuatan produk jajan, antusias siswa dalam kegiatan market day dan perencanaan yang tersusun secara matang. Faktor penghambat meliputi; jualannya sepi pembeli, labilnya semangat siswa, dan kurang disiplinnya dalam mengikuti kegiatan market day.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, P5, Market Day | ||||||||
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2024 08:05 | ||||||||
Last Modified: | 04 Oct 2024 03:43 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10092 |
Actions (login required)
View Item |