Implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk mengembangkan keaktifan siswa pada pelajaran matematika kelas IV MSI VIII Medono Kota Pekalongan

Aviani, Nurul Fitria (2024) Implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk mengembangkan keaktifan siswa pada pelajaran matematika kelas IV MSI VIII Medono Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320167_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2320167_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2320167_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang diimplementasikan dalam proses pembelajaran sesuai dengan keberagaman siswa dari gaya belajar, karakteristik, kebutuhan dan kemampuan masing-masing siswa. Ketika pembelajaran berdiferensiasi dapat diimplementasikan dengan baik, maka akan memunculkan perhatian terhadap perbedaan individu diantara beberapa siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Mengembangkan Keaktifan Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas IV MSI VIII Medono Kota Pekalongan (2) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Mengembangkan Keaktifan Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas IV MSI VIII Medono Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Mengembangkan Keaktifan Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas IV MSI VIII Medono Kota Pekalongan adalah (1) Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi terdiri 3 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Tahap perencanaan,dimulai dari guru kelas IV menyiapkan media pembelajaran, modul ajar, dan buku pegangan guru. Pada tahap pelaksanaan terdapat diferensiasi konten berupa materi pemfaktoran dan diferensiasi proses berupa siswa berkelompok dengan berdasarkan tingkat kemampuan siswa yaitu tingkat tinggi, sedang dan rendah serta mampu mengembangkan keaktifan siswa. (2) Faktor pendukung implementasi pembelajaran berdiferensiasi yaitu antusias siswa, media ajar, tempat dan fasilitas yang mendukung, suasana belajar yang menyenangkan, dan dukungan orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya waktu dan sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSari, Nurul Husnah MustikaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Berdiferensiasi, keaktifan Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:47
Last Modified: 01 Aug 2024 06:47
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10111

Actions (login required)

View Item View Item