Riskiyani, Refanza (2024) Strategi Pemasaran Syariah Home Industri Kerupuk Tradisional Usek Desa Paninggaran Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
4119028_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (793kB) |
|
Text
4119028_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Strategi pemasaran syariah merupakan instrumen penting yang digunakan untuk membantu perusahaan untuk mencapai tujuan dengan menciptakan keunggulan yang kompetitif yang mampu bertahan lama di pasar. Strategi pemasaran yang digunakan untuk mencapai pasar sasaran harus didasarkan pada empat prinsip utama: Ketuhanan (rabbaniyyah), menjunjung tinggi akhlak mulia (akhlaqiyyah), realistis (waqi’iyyah), dan humanistis (Insyaniyyah). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai faktor pendukung dan penghambaht dalam menjalankan usaha serta menganalisis strategi pemasaran syariah pada Home Industri Kerupuk Tradisional Usek Desa Paninggaran dengan 4 paradigma strategi pemasaran syariah yaitu syariah marketing strategy, Syariah marketing tactic dan Syariah marketing value. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan observasi dan wawancara untuk memperoleh data primer, serta dokumentasi dan kepustakaan untuk memperoleh data sekunder. Dalam penelitian ini yang menjadi informan atau narasumber adalah orang-orang yang dianggap paham dan mengetahui mengenai strategi pemasaran pada Home Industri Kerupuk Tradisional Usek Desa Paninggaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat faktor pendukung dan penghambat ada Home Industri Kerupuk Tradisional Usek Desa Paninggaran yaitu: faktor pendukung kualitas produk dan ketersediaan bahan baku, relasi pasar yang luas, layanan yang layak dan komitmen pekerja. Kemudian faktor penghambat adanya cuaca, kurangnya segmentasi pasar dilingkungan pasar tradisional Paninggaran, adanya pesaing, kurangnya pengetahuan teknologi dan inovasi Dalam hal syariah marketing strategy, yaitu segmentasi pasar berdasarkan ukuran dan populasi dan target pasar bisa dijangkau semua kalangan serta untuk merebut hati konsumennya dengan pelayanan yang ramah dan jujur. Syariah marketing tactic, terdiri produk yang halal dan berkualitas, penetapan harga sesuai syariah, terkait lokasi usaha layak sesuai syariah karena tidak membahayakan. Syariah marketing value, memiliki nilai manfaat bagi konsumen diantaranya menyehatkan karena kerupuk digoreng dengan pasir sehingga rendah kolesterol. Dari spiritual marketing strategy berfokus pada prinsip kejujuran keramahan yang harus dimiliki seorang pebisnis, merasa bahwa Allah SWT senantiasa mengawasi dimanapun berada, jadi baik nilai atau prinsip syariah sangat penting dan bermanfaat dalam dunia bisnis. Kata Kunci: Stategi Pemasaran Syariah, Faktor pendukung dan Penghambat, Kerupuk Tradisional Usek
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Stategi Pemasaran Syariah, Faktor pendukung dan Penghambat, Kerupuk Tradisional Usek | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2024 08:22 | ||||||||
Last Modified: | 01 Aug 2024 08:22 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10122 |
Actions (login required)
View Item |