Nikmah, Awaliyatun (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Pakara (Papan Aksara Jawa) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyusun Kalimat Dengan Aksara Jawa Siswa Kelas V MIS Manbaul Huda Gumawang Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
This is the latest version of this item.
Text
2320042_Awaliyatun Nikmah_Cover-BAB I-BAB V-Daftar Riwayat Hidup.pdf Download (6MB) |
|
Text
2320042_Awaliyatun Nikmah_full text OK.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
|
Text
2320042_Awaliyatun Nikmah_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah metode pembelajaran yang digunakan guru belum maksimal karena keterbatasan media sehingga hasil belajar Mulok bahasa Jawa siswa, masih rendah pada materi aksara Jawa. Adapun rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana proses pengembangan media Pembelajaran PAKARA (Papan Aksara Jawa) untuk meningkatkan kemampuan menyusun kalimat dengan aksara Jawa siswa kelas V MIS Manbaul Huda Gumawang? 2) Bagaimana kelayakan media Pembelajaran PAKARA (Papan Aksara Jawa) untuk meningkatkan kemampuan menyusun kalimat dengan aksara Jawa siswa kelas V MIS Manbaul Huda Gumawang? 3) Bagaimana efektivitas media Pembelajaran PAKARA (Papan Aksara Jawa) untuk meningkatkan kemampuan menyusun kalimat dengan aksara Jawa siswa kelas V MIS Manbaul Huda Gumawang? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kelayakan, serta efektivitas media Pembelajaran PAKARA (Papan Aksara Jawa) untuk meningkatkan kemampuan menyusun kalimat dengan aksara Jawa siswa kelas V MIS Manbaul Huda Gumawang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan,Analisis, Desain, Development (Pengembangan), Implementasi, dan Evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan angka validasi produk yang mendapat nilai rerata 4,53 dari ahli media, dan 4,9 dari ahli materi, jika dikonversikan ke dalam penilaian skala likert termasuk dalam kriteria kelayakan ”Sangat Baik” yaitu X> 4,2. Sedangkan, Tingkat efektivitas media PAKARA (Papan Aksara Jawa) mendapatkan rata-rata N Gain sebesar 0,413293 dengan kategori peningkatan sedang. Berdasarkan analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media Papan Aksara Jawa (PAKARA) dalam pembelajaran sangat layak dan cukup efektif dengan peningkatan hasil belajar pada kategori sedang. Sehingga media PAKARA (Papan Aksara Jawa) dapat digunakan untuk mendukung kegiatan belajar aksara Jawa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan PAKARA, Aksara Jawa, ADDIE | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2024 02:46 | ||||||||
Last Modified: | 04 Oct 2024 04:53 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10133 |
Available Versions of this Item
- Pengembangan Media Pembelajaran Pakara (Papan Aksara Jawa) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyusun Kalimat Dengan Aksara Jawa Siswa Kelas V MIS Manbaul Huda Gumawang Kabupaten Pekalongan. (deposited 01 Aug 2024 02:46) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |