Implementasi media biṭaqah al mufradât dalam pembelajaran kosakata bahasa arab siswa Kelas IV di MI Salafiyah Simbang Kulon 02 Pekalongan

Tsania, Nada (2024) Implementasi media biṭaqah al mufradât dalam pembelajaran kosakata bahasa arab siswa Kelas IV di MI Salafiyah Simbang Kulon 02 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2218049_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2218049_FULL TEXT b5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2218049_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh problematika bahwa pembelajaran bahasa Arab yang terjadi di kelas IV MI Salafiyah Simbang Kulon 02 masih berpusat pada guru. Peserta didik kurang mampu menguasai mufradât sehingga dalam menentukan jawaban ketika tes pun masih kurang tepat, padahal hampir seluruh peserta didik kelas IV ini sudah bisa membaca dan menulis bahasa Arab. Memilih dan menerapkan model pembelajaran yang tepat dapat merangsang dan membangkitkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik. Maka dari itu guru mencoba menerapkan media pembelajaran yang digunakan di kelas IV MI Salafiyah Simbang Kulon 02 Pekalongan yaitu menggunakan media biṭaqah al mufradât. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pembelajaran kosakata bahasa Arab menggunakan media permainan biṭaqah al mufradât dikelas IV MI Salafiyah Simbang Kulon 02 Pekalongan?. 2) Apa saja hambatan dalam penerapan media permainan biṭaqah al mufradât dikelas IV MI Salafiyah Simbang Kulon 02 Pekalongan?. 3) Bagaimana upaya untuk meningkatkan pembelajaran dengan media permainan biṭaqah al mufradât dikelas IV MI Salafiyah Simbang Kulon 02 Pekalongan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yang mencakup wawancara, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah guru bahasa Arab dan peserta didik kelas IV MI Salafiyah Simbang Kulon 02 Pekalongan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media permainan biṭaqah al mufradât dalam pembelajaran kosakara bahasa Arab kelas IV di MI Salafiyah Simbang Kulon 02 Pekalongan sudah cukup baik. Melalui media ini selain peserta didik melihat secara langsung gambar dari mufradât tetapi mereka juga belajar menuliskan mufradâtnya secara tepat dan benar. Untuk evaluasinya yaitu tes tertulis yang terdiri dari 10 pilihan ganda dan 5 essay, lalu juga ada tes lisan. Kemampuan peserta didik dalam menghafal mufradât juga sudah cukup baik. Hambatan dari penerapan media biṭaqah al mufradât adalah peserta didik yang masih kurang memahami materi akan sulit dan ragu dalam mengerjakan lalu mengulur waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAkhas, Muhammad ZayinilUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media, Biṭaqah al Mufradât, Kosakata.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 02 Aug 2024 04:14
Last Modified: 08 Oct 2024 08:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10144

Actions (login required)

View Item View Item