Penerapan Pembiasaan Positif untuk Menanamkan Pendidikan Karakter di Rumah Cerdas Degayu Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan

Amalia, Elva (2024) Penerapan Pembiasaan Positif untuk Menanamkan Pendidikan Karakter di Rumah Cerdas Degayu Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2419048_Bab I dan Bab V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2419048_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Salah satu pendidikan yang penting dalam pertumbuhan anak adalah pendidikan karakter. Pendidikan karakter adalah upaya untuk menanamkan pada anak perilaku terpuji, termasuk perilaku dalam ibadah, perilaku sebagai warganegara yang baik, perilaku dalam berinteraksi dengan orang lain dan lingkungannya, dan perilaku yang bermanfaat pada kesuksesan dalam hidupnya. Selain itu, pendidikan karakter merupakan suatu bentuk menananmkan nilai berkarakter yang mencakup faktor kesadaran, pengetahuan, dan tindakan dalam melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik kepada Tuhan YME, individu, masyarakat, maupun bangsa sehingga menjadi pribadi yang baik. Tujuan dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan penerapan pembiasaan positif dalam menanamkan pendidikan karakter di Rumah Cerdas Degayu; (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan pembiasaan positif dalam menanamkan pendidikan karakter di Rumah Cerdas Degayu. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan menjadikan kepala sekolah dan guru Rumah Cerdas Degayu sebagai subjek/sumber data. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan yakni penelitian yang dilaksanakan secara sistematis untuk mengambil data di lapangan dengan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi. Penelitian ini berupaya untuk mendeskripsikan dan menganalisis suatu peristiwa tentang Penerapan Pembiasaan Positif untuk Menanamkan Pendidikan Karakter di Rumah Cerdas Degayu Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa RCD menerapkan berbagai kegiatan seperti perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Perencanaan pendidikan karakter di RCD dimulai sejak anak masuk sekolah yang melibatkan program kegiatan pendidikan karakter. Pelaksanaan pembiasaan positif seperti salam senyum sapa, tanggung jawab terhadap tugas-tugas kecil seperti merawat tanaman, dan kegiatan gotong royong. Guru memiliki peran penting dalam mencontohkan perilaku baik kepada anak. Evaluasi dilakukan melalui observasi dan interaksi langsung dengan anak-anak untuk mengukur efektivitas pembiasaan tersebut. Faktor pendukung dalam penerapan pembiasaan positif melibatkan lingkungan sekitar, peran guru dan orang tua, program sekolah, serta penghargaan dan penguatan positif. Lingkungan yang mendukung dan peran guru dan orang tua sangat penting dalam keberhasilan pendidikan karakter. Program-program sekolah yang baik serta pemberian penghagaan dan penguatan positif dapat menjadikan anak lebih termotivasi dalam berperilaku positif. Sebaliknya, faktor penghambat ketidaktertarikan orang tua dan penggunaan gadget yang berlebihan dapat berdampak negatif bagi pendikan karakter anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAini, RofiqotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan Positif, Pendidikan Karakter, Faktor Pendukung dan Penghambat, Anak Usia Dini
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:26
Last Modified: 03 Oct 2024 09:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10158

Actions (login required)

View Item View Item