Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Kemampuan Mitigasi Bencana Anak Usia Dini Pada Kelompok B Di RAM Masyithoh 19 Tirto Kota Pekalongan

Aini, Nurul (2024) Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Kemampuan Mitigasi Bencana Anak Usia Dini Pada Kelompok B Di RAM Masyithoh 19 Tirto Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN KH. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2420033_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2420033_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Metode bermain peran makro merupakan kegiatan berpura-pura dengan melakukan imitasi yaitu anak melakukan peran dengan meniru orang disekitarnya dengan memainkan tingkah laku dan pembicaraannya, serta menirukan gerakan misalnya menirukan pembicaraan pedagang dengan pembeli, guru dengan murid, dokter dengan pasien dan lain-lain. Selain itu metode bermain peran makro sendiri merupakan kegiatan bermain peran yang menggunakan media yang berukuran sebenarnya, dan dapat menggunakan alat yang digunakan di kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana kemampuan mitigasi bencana anak usia dini pada kelompok B di RAM Masyithoh 19 Tirto Kota Pekalongan sebelum menerapkan metode bermain peran? 2) Bagaimana kemampuan mitigasi bencana anak usia dini pada kelompok B di RAM Masyithoh 19 Tirto Kota Pekalongan setelah menerapkan metode bermain peran? 3) Bagaimana pengaruh metode bermain peran untuk kemampuan mitigasi bencana anak usia dini pada kelompok B di RAM Masyirhoh 19 Tirto Kota Pekalongan? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang mengaplikasikan metode eksperimen. Dengan menggunakan sample 18 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui obervasi. Selanjutnya analisis data menggunakan uji Paired Sample t-Test dengan software SPSS 22. Berdasarkan temua penelitian yang dilakukan terdapat kenaikan secara signifikan dalam kemampuan pendidikan kebencanaan anak usia dini pada kelompok B di RAM Masyithoh 19 Tirto. Niali rata-rata kemampuan pendidikan anak sebelum perlakuan pretest sejumlah 26,39 sedangkan nilai rata-rata setelah perlakuan posttest sejumlah 36,78 dan rata-rata kenaikan signifikan sejumlah 10,39. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh metode bermain peran makro terhadap kemampuan pendidikan kebencanaan anak usia dini pada kelompok B di RAM Masyithoh 19 Tirto Kota Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIndrawati, TrianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Bermain Peran Makro, Pendidikan Kebencanaan AUD
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:27
Last Modified: 04 Oct 2024 03:49
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10159

Actions (login required)

View Item View Item