Bimbingan islami melalui teknik puasa daud dalam mengembangkan spiritualitas santri geni jegger

Haq, Moh Daniel (2024) Bimbingan islami melalui teknik puasa daud dalam mengembangkan spiritualitas santri geni jegger. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3518032_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3518032_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dengan adanya permasalahan yang melatarbelakangi histori Spiritual yang berbeda-beda yang dimiliki dari masing-masing santri, diantaranya yaitu lingkungan yang tidak baik, kemudian terjun ke pergaulan bebas, serta kurangnya pemahaman akan agama dan lemahnya Spiritual diri dari santri. untuk dapat membantu mengembangkan Spiritualitas pada santri tersebut, dimana diperlukan adanya Bimbingan islami yang dapat mengembangkan Spiritualitas secara optimal dengan cara menginternalisasikan nilai-nilai spiritual serta memberikan kecerahan batin dan meningkatkan kualitas iman pada santri. Oleh karena itu, pemberian bimbingan dengan metode kelompok maupun individual serta dalam memberikan motivasi agar santri melakukan tindakan positif ialah dengan metode bil hikmah, metode mauidhotil khasanah, dan metode mujadatil aslah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasinya dilakukan pada pelaksanaan kegiatan ngaji kitab kuning, rutinan, kegiatan PSB (Penerimaan Santri Baru), kegiatan UKT (Ujian Kenaikan Tingkat), dan kegiatan latihan rutin Padepokan Jegger Kabupaten Pekalongan. Wawancara dilakukan kepada santri, guru/pembimbing. Dokumentasi berupa kegiatan bimbingan dengan metode kelompok maupun individual, dan sebagainya. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles & Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, Bimbingan Islami melalui teknik Puasa Daud dalam mengembangkan Spiritualitas santri sangat berpengaruh untuk menunjang dan memperkembangkan Spiritualitas dengan cara muhasabah dan mujahadah dengan menggunakan metode bilhikmah, bil mau’idhoh khasanah dan bil jadidil aslah, dimana hasil dari Bimbingan islami melalui teknik Puasa Daud ini berdampak positif kepada para santri padepokan Geni Jegger. Dengan demikian Puasa Daud dilakukan sebagai bentuk Bimbingan islami untuk mengembangkan Spiritualitas santri yaitu keimanan dan ketakwaan serta kualitas ibadah santri untuk mencapai ketenangan jiwa, dimana dapat memiliki tujuan hidup agar dapat mencapai kehidupan yang lebih baik lagi. Dengan adanya program ini mampu menjadi faktor yang dapat membantu santri dalam mengembangkan spiritulitas dan juga dapat membantu mengatasi hambatan dari lingkungan dan lemahnya Spiritual melalui Bimbingan Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKanafi, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islami, Puasa Daud dan Spiritualitas
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:32
Last Modified: 26 Sep 2024 04:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10164

Actions (login required)

View Item View Item