Implementasi program pendalaman bahasa arab dalam mendukung mahārah al-kalām siswa kelas XI di MA Al-Mubarok Medono Pekalongan

Sa’idah, Umi Sitta (2024) Implementasi program pendalaman bahasa arab dalam mendukung mahārah al-kalām siswa kelas XI di MA Al-Mubarok Medono Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2218060_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2218060_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2218060_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini didasari oleh tujuan MA Al Mubarok untuk mencetak peserta didiknya agar mampu berbicara dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris. Untuk mencapai tujuan tersebut, MA Al Mubarok mengadakan program tambahan berupa program pendalaman bahasa, khususnya bahasa Arab, guna mendukung pemahaman dan penguasaan bahasa peserta didik dalam empat keterampilan berbahasa, terutama mahārah al-kalām. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi program pendalaman bahasa Arab dalam mendukung mahārah al-kalām siswa kelas XI di MA Al Mubarok Medono Pekalongan? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi program pendalaman bahasa Arab dalam mendukung mahārah al-kalām siswa kelas XI di MA Al Mubarok Medono Pekalongan? Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi program pendalaman bahasa Arab dalam mendukung mahārah al-kalām siswa kelas XI di MA Al Mubarok Medono Pekalongan, serta untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi program pendalaman bahasa Arab tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan teori Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah guru yang mengampu program pendalaman bahasa Arab dan siswa kelas XI di MA Al Mubarok Medono Pekalongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi program pendalaman bahasa Arab di kelas XI sudah cukup baik. Tahap perencanaan tidak tertulis di RPP tetapi guru sudah merumuskan tujuan, materi, metode, dan media pembelajaran. Pelaksanaan program pendalaman bahasa Arab di kelas XI rutin dilaksanakan dua kali dalam seminggu setiap Rabu dan Kamis, meliputi kegiatan pembuka, inti, dan penutup. Materi yang dipilih sesuai dengan jenjang kelas dan tidak memberatkan bagi peserta didik. Metode yang digunakan juga cukup variatif. Evaluasi program pendalaman bahasa Arab diadakan tiap semester. Persemester dilakukan 2x evaluasi yang berbentuk tes lisan atau praktik, melibatkan tes mufrodat dan muḥādaṡah. Adapun faktor pendukung program pendalaman bahasa Arab antara lain kegiatan pembendaharaan kosa kata (mufrodat) dan guru yang kompeten. Adapun faktor penghambatnya yaitu latar belakang pendidikan peserta didik dan kehadiran peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, Moh. NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Program Pendalaman, Mahārah Al-Kalām.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 02 Aug 2024 04:11
Last Modified: 08 Oct 2024 08:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10205

Actions (login required)

View Item View Item