Pengukuran Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Dengan Menggunakan Metode Maslahah Performa (Studi Kasus Perumda Tirtayasa Kota Pekalongan)

Sabrina, Rahma (2024) Pengukuran Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Dengan Menggunakan Metode Maslahah Performa (Studi Kasus Perumda Tirtayasa Kota Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4320088_BAB 1 dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4320088_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perumda Tirtayasa merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bertugas pada bidang pelayanan air bersih masyarakat Kota Pekalongan dan ikut berkontribusi dalam pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pekalongan. Perusahaan harus dapat memberikan pelayanan terbaiknya agar dapat memperoleh kepuasan dari pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja Perumda Tirtayasa menggunakan metode Maslahah Performa (MaP) dengan pendekatan Kinerja Proses dan Kinerja Hasil. Pengukuran kinerja proses Perumda Tirtayasa menggunakan delapan langkah siklus Plan-Do-Check-Action (PDCA) antara lain menyusun rencana strategis, mengidentifikasi pondasi kemaslahatan, penetapan perilaku kemaslahatan menentukan ukuran, menyepakati kontrak kinerja, menerapkan kinerja, melakukan pemantauan, dan menentukan tindak lanjut. Sedangkan pengukuran kinerja hasil menggunakan enam orientasi kemaslahatan diantaranya orientasi ibadah, orientasi proses internal, orientasi tenaga kerja, orientasi pembelajaran, orientasi pelanggan, dan orientasi harta kekayaan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif. Metode Pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode wawancara dengan 3 informan utama, dan penyebaran (angket) kuesioner kepada 35 pegawai dan 25 pelanggan. Keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber berupa hasil wawancara dan triangulasi metode berupa observasi dan angket kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengukuran kinerja pada Perumda Tirtayasa menggunakan metode maslahah performa pendekatan kinerja proses dan kinerja hasil telah memberikan kemaslahatan yang cukup bagi para pemangku kepentingan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Maslahah Performa, Pengukuran Kinerja, PDAM
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.32 Ekonomi Keuangan Islam
600 TECHNOLOGY AND APPLIED SCIENCES (TEKNOLOGI DAN ILMU TERAPAN) > 650 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 657.662 Private Accounting/Akuntansi Privat, Akuntansi Swasta, Akuntansi Perusahaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Akutansi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 02 Aug 2024 06:42
Last Modified: 02 Aug 2024 06:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10312

Actions (login required)

View Item View Item