Urgensi Program Pengabdian Masyarakat Dalam Penguatan Potensi Religiusitas Siswa Kelas Xii Ma Hasbullah Karanganyar Kabupaten Pekalongan

Zaerofi, Zaerofi (2024) Urgensi Program Pengabdian Masyarakat Dalam Penguatan Potensi Religiusitas Siswa Kelas Xii Ma Hasbullah Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Cover_Bab I dan Bab VII.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini upayanya diharapkan dapat meningkatkan potensi siswa Madrasah Aliyah, yang mana ketika nantinya terjun ke dalam masyarakat pastinya akan banyak dibutuhkan dalam hal agamis atau religius, salah satunya semisal menjadi imam sholat. Bukan hanya itu saja, para siswa juga setelah mengikuti program pengabdian diharapkan dapat bersosialisasi lebih mudah dengan tetangga ataupun lingkungan sekitar terutama dalam hal bekerja sama di lingkungan sekitar, salah satunya yakni gotong royong pada lingkungan masyarakat. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan program pengabdian masyarakat bagi siswa kelas XII di MA Hasbullah Karanganyar Kabupaten Pekalongan?, (2) Bagaimana potensi religiusitas siswa kelas XII MA Hasbullah Karanganyar Kabupaten Pekalongan?, dan (3) Bagaimana urgensi program pengabdian masyarakat dalam penguatan potensi religiusitas siswa kelas XII MA Hasbullah Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Tujuan penelitian (1) Menganalisis pelaksanaan program pengabdian masyarakat bagi siswa kelas XII di MA Hasbullah Karanganyar Kabupaten Pekalongan?, (2) Menganalis potensi religiusitas siswa kelas XII MA Hasbullah Karanganyar Kabupaten Pekalongan?, dan (3) Menggambarkan analisa urgensi program pengabdian masyarakat dalam penguatan potensi religiusitas siswa kelas XII MA Hasbullah Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif merupakan suatu pendekatan penelitian yang berorientasi pada fenomena-fenomena atau gejala yang bersifat alami dengan alasan karena permasalahan yang diangkat relatif banyak, kompleks, dinamis dan penuh makna sehingga tidak mungkin data pada situasi sosial tersebut dijaring dengan metode kuantitatif. Dengan analisis kualitatif kesimpulan data diungkapkan dengan pernyataaan-pernyataan. Pelaksanaan program Pengabdian Masyarakat yang diterapkan di MA Hasbullah Karanganyar memabantu mengajar di tingkat SD/MI, TPQ/Madin, bakti sosial dan kegiatan keagamaan di masjid dan mushola. Potensi religiusitas siswa kelas XII MA Hasbullah Karanganyar dilihat dari aspek ritual, para siswa rajin mengaji, sholat, membaca sholawat, dari aspek pengalaman, para siswa dengan penuh kekhusu’an dan semakin tawaddu’. Urgensi program pengabdian masyarakat dalam penguatan potensi religiusitas siswa kelas XII MA Hasbullah Karanganyar ditunjukkan dengan siswa dengan kemampuan mengamalkan amaliah keagamaan dengan baik dan benar serta mampu mengembangkan perilaku yang agamis yang bisa diterima oleh semua orang atau masyarakat sebagai prinsip Islam yang rahmatal lil ‘alamin serta mengenalkan madrasah kepada masyarakat secara luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, Slamet196704211996031001UNSPECIFIED
Thesis advisorJaeni, Muhammad197504112009121002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengabdian Masyarakat, Potensi dan Religiusitas
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 05 Aug 2024 06:23
Last Modified: 05 Aug 2024 06:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10377

Actions (login required)

View Item View Item