Pengembangan media berbasis ispring suite dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs Ribatul Muta’allimin Pekalongan

Adiba, Naila Farah (2024) Pengembangan media berbasis ispring suite dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs Ribatul Muta’allimin Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini mulai dimanfaatkan di sekolah baik oleh guru maupun peserta didik sebagai media dalam kegiatan pembelajaran. Adapun pemilihan penggunaan media pembelajaran erat kaitannya dengan keberhasilan belajar siswa. Terlebih memasuki era Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), pada masa ini sangat dirasakan pentingnya penggunaan TIK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga hasil belajar siwa sesuai dengan apa yang diharapkan. Akan tetapi proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Ribatul Muta’allimin masih menggunakan media pembelajaran yang yang cenderung tidak memanfaatkan media TIK. Bahkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran tersebut masih tergolong rendah. Oleh sebab itu, penulis ingin mengembangkan media pembelajaran berbasis iSpring Suite yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran SKI Kelas VIII di MTs Ribatul Muta’allimin. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini melalui analisis data naratif dan analisis data statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, pengembangan media pembelajaran SKI berbasis iSpring Suite terdiri dari 5 tahap, yaitu: a. Analysis; identifikasi kebutuhan pengembangan, b. Design; tujuan dan materi pembelajaran, flowchart dan prototipe, c. Development; membuat dan memvalidasi Aplikasi, d. Implementation; mempersiapkan pendidik dan peserta didik, e. Evaluation; menganalisis hasil belajar dan penilaian siswa terhadap media. Berdasarkan validasi Ahli, validasi Guru, revisi formatif dan penilaian siswa, aplikasi tersebut sangat layak digunakan. Kedua, Penggunaan Aplikasi media pembelajaran SKI Kelas VIII berbasis iSpring Suite terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dilihat dari hasil uji paired sample t-test, dapat diketahui bahwa –t hitung < -t tabel atau -7,169 < -2,026 sehingga H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuslih, Moh.196707171999031001UNSPECIFIED
Thesis advisorKhobir, Abdul197201052000031002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, iSpring Suite, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:56
Last Modified: 05 Sep 2024 02:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10379

Actions (login required)

View Item View Item