Persepsi mahasiswa tarbiyah pai tentang mata kuliah kewirausahaan di IAIN Pekalongan

Anggraini, Ratna (2017) Persepsi mahasiswa tarbiyah pai tentang mata kuliah kewirausahaan di IAIN Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I. V & LAMP.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Persepsi guru atau persepsi peserta didik mengenai sasaran akhir kegiatan belajar mengajar akan mempengaruhi persepsi mereka terhadap sasaran utama dan sasaran kegiatan. Seperti halnya dengan penambahan mata kuliahkewirausahaan dalam kurikulum Tarbiyah PAI di IAIN Pekalongan, bahwa tidak semua mahasiswa mempunyai persepsi positif terhadap mata kuliah ini hal ini dikarenakan sebagian mahasiswa memiliki pendapat bahwa mata kuliah kewirausahaan tidak memiliki hubungan dengan Jurusan Tarbiyah PAI sedangkan semua mata kuliah harus memiliki relevansi dengan tujuan pendidikan. Dimana mata kuliah kewirausahaan bertujuan agar mahasiswa menjadi seorang wirausaha sedangkan Jurusan PAI bertujuan untuk menyiapkan calon tenaga kependidikan Islam professional sebagai guru agama maupun konsultan pendidikan. Sedangkan sebagain mahasiswa lainnya memiliki persepsi positif, menurut mereka mata kuliah kewirausahaan menawarkan ketrampilan yang akan berguna untuk kedepannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pelaksanaan pembelajaran mata kuliah kewirausahaan di Jurusan PAI IAIN Pekalongan?Bagaimana persepsi mahasiswa tarbiyah PAI tentang mata kuliah kewirausahaan di IAIN Pekalongan?. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di IAIN Pekalongan. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu denganobservasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwaproses pembelajaran mata kuliah menerapkan beberapa metode seperti ceramah, diskusi makalah, Pre test dan Post test sama seperti mata kuliah lainnya. Bedanya mata kuliah ini menugaskan mahasiswa untuk mempelajari teori-teori kewirausahaan dan selanjutnya mahasiswa ditugaskan untuk terjun langsung menjadi wirausahawan, Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa bisa melihat dan mengetahui secara langsung dinamika dalam dunia wirausaha. Sedangkan untuk hasil Persepsi mahasiswa Tarbiyah PAI tentang mata kuliah kewirausahaan di IAIN Pekalongan diantaranya adalah (a) mata kuliah kewirausahaan membangun mindset baru untuk menjadi seorang wirausahawan (b) mata kuliah kewirausahaan bermanfaat mencetak generasi baru pembuka lapangan kerja (c) mata kuliah kewirausahaan adalah mata kuliah yang kreatif dan inovatif namun tetap sesuai dengan kaidah agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIstiyani, DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: : Persepsi Mahasiswa, Mata Kuliah Kewirausahaan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:11
Last Modified: 10 Nov 2020 03:11
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1047

Actions (login required)

View Item View Item