Peran Guru Bimbingan Konseling Islam Dalam Mencegah Kecanduan Gadget Pada Siswa Sma N 01 Doro

Maulana, Lutfi (2022) Peran Guru Bimbingan Konseling Islam Dalam Mencegah Kecanduan Gadget Pada Siswa Sma N 01 Doro. Diploma thesis, UIN KH.ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2041116066-Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2041116066-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2041116066-lampiran.pdf

Download (792kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada usia remaja, terjadi akibat adanya pokok permasalahan di dalamnya seperti halnya modernisasi zaman. Tidak dipungkiri bahwa dengan adanya arus modernisasi dan globalisasi yang semakin maju, mendorong individu untuk dapat mengembangkan diri dalam aspek teknologi. Di lingkungan sekolah integrasi pembelajaran dengan teknologi diperlukan guna menunjang ketrampilan siswa. Salah satu media teknologi informasi adalah Gadget. Siswa yang menggunakan gadget rata-raTa mempunyai ketergantungan, Sehingga dampaknya, siswa yang telah kecanduan gadget akan merasa malas dalam belajar maupun menjalani aktivitas sehari-harinya. Oleh karena itu, guru BK diharuskan mempunyai cara untuk mencegah siswa agar tidak kecanduan gadget. Guru BK harus mampu mengarahkan siswa agar menggunakan gadget untuk hal positif. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: 1) Untuk mengetahui kondisi kecanduan gadget siswa SMA N 01 Doro; 2) UNTUK mengidentifikasi peran guru bimbingan konseling Islam dalam mencegah kecanduan gadget di SMA N 01 Doro. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan teknik pendekatan kualitatif, sumber yang dijadikan objek dalam penelitian ini adalah Guru BK dan seluruh peserta didik di SMA N 1 Doro. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode triangulasi: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Kondisi Kecanduan Gadget Siswa SMA N 01 Doro dapat dilihat dari indikator-indikator kecanduan gadget yang meliputi :. Peningkatan penggunaan gadget, Kecemasan ketika tidak memegang gadget, Sulit beradaptasi dengan lingkungan, Menurunnya konsentrasi; 2) Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mencegah Kecanduan Gadget Dengan Pendekatan Behavior Berbasis Islam Di SMA N 01 Doro yaitu : sebagai pembimbing yang memberikan arahan, bimbingan dan nasihat, sebagai suri tauladan (contoh yang baik), sebagai fasilitator yang menanamkan rutinitas bermuatan nilai-nilai agama Islam, sebagai director yang membuat peraturan atau tata tertib terkait gadget, sebagai pembina kepribadian dengan behavior keislaman

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZulfa, NadifatusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bimbingan Konseling Islam, Kecanduan Gadget
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 19 Aug 2024 06:47
Last Modified: 19 Aug 2024 06:47
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10489

Actions (login required)

View Item View Item