Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Berbasis Islam Untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Asuh Di Panti Asuhan Ar-Robitoh Kota Pekalongan

Yandini, Afrida (2022) Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Berbasis Islam Untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Asuh Di Panti Asuhan Ar-Robitoh Kota Pekalongan. Diploma thesis, UIN KH.ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2041115034-Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2041115034-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2041115034-lampiran.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Pelaksanaan bimbingan kelompok berbasis Islam dalam menumbuhkan rasa percaya diri pada anak asuh di Panti Asuhan Ar-Robitoh. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan bmbingan kelompok ini adalah tatap langsung. Materi yang disampaikan ketika pelaksanaan bimbingan kelompok berbasis Islam berlangsung adalah mengenai ibadah, akhlak, memotivasi anak agar menjadi pribadi yang lebih percaya diri. Layanan bimbingan kelompok berbasis Islam di Panti Asuhan Ar-Robitoh mempunyai peran yang sangat penting dalam menumbuhkan motivasi dalam menumbuhkan rasa percaya diri. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok berbasis islam untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak asuh di Panti Asuhan Ar-Robitoh Kota Pekalongan? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat rasa percaya diri ? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan dengan teknik mengumpulkan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan bimbingan di atas dapat disimpulkan juga bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok berbasis Islam ini dapat membantu menangani rasa percaya diri anak-anak panti, karena bimbingan kelompok berbasis Islam dapat dijadikan sarana mencegah kurangnya rasa percaya diri anak. Diadakannya pelaksanaan bimbingan kelompok berbasisi Islam agar anak-anak dapat menjalani kehidupan sehari-hari dengan baik, selalu berfikir positif di dalam menghadapi berbagai masalah, memiliki kemampuan bersosialisasi, mampu menyesuaikan diri dan berkomunikasi di berbagai situasi, selalu bersikap tenang dalam mengerjakan segala sesuatu. Layanan bimbingan kelompok berbasis Islam di Panti Asuhan Ar-Robitoh mempunyai peran yang sangat penting dalam menumbuhkan motivasi dalam menumbuhkan rasa percaya diri. Anak juga bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, memperbaiki perilakunya dan perkataannya, lebih bisa dekat dengan orang sekitar, bisa berkomunikasi kepada orang baru dengan lebih baik, dan mampu mengutarakan segala keluh kesah yang dialami para anak-anak asuh ini. Dengan adanya pelaksanaan bimbingan kelompok berbasis Islam ini diharapkan mampu membuat anak-anak menjadi lebih semangat dalam menjalani hidupnya, optimis, serta bisa menjadi kebanggaan orang terdekatnya

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSu'aidi, HasanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Bimbingan Kelompok Berbasis Islam, Pengertian Rasa Percaya Diri, Faktor Pendukung Dan Faktor Penghambat Rasa Percaya Diri
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 20 Aug 2024 06:46
Last Modified: 20 Aug 2024 06:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10503

Actions (login required)

View Item View Item