Nilai-nilai Konseling Islam Dalam Novel Selimut Mimpi Karya R Adrelas

Fatikhanah, Dewi (2022) Nilai-nilai Konseling Islam Dalam Novel Selimut Mimpi Karya R Adrelas. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
3517098-Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3517098-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
3517098-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Manusia hidup dan tinggal di dunia tidak akan terlepas dari sebuah keinginan dan cita-cita. Namun untuk menggapai dan mewujudkan semua itu tidaklah mudah. Pasti akan ada sebuah rintangan, hambatan dan masalah. Seperti yang terdapat pada novel Selimut Mimpi karya R Adrelas, yakni menceritakan seorang pemuda dari keluarga miskin yang mempunyai cita-cita dan keinginan untuk sukses, bisa membahagiakan orangtuanya dengan pergi merantau namun tidak mendapatkan izin dari orangtuanya dan beberapa masalah-masalah yang lain. Namun ia selalu sabar dan ikhlas untuk menghadapinya dan juga selalu berusaha tanpa pantang menyerah. Sampai akhirnya ia dapat menggapai cita-citanya dan mewujudkan keinginannya. Sehingga mejadikan novel ini layak untuk dijadikan media dalam konseling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai konseling Islam dalam novel Selimut Mimpi karya R Adrelas, dan sosiokultural munculnya masalah dalam novel. penelitian ini termasuk dalam kategori jenis penelitian kepustakaan, yakni penelitian tersebut dilakukan dengan menggunakan referensi buku sebagai sumber utama. Sedangkan pendekatan yang dipakai oleh peneliti ialah pendekatan kualitatif hermeneutika dan menggunakan teori konseptual Paul Recouer. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik penggalian data, sedangkan teknik pengolahan dan analisis data menggunakan analisis deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu berupa novel Selimut Mimpi karya R Adrelas dan teori dari Anwar Sutoyo mengenai nilai-nilai konseling Islam, sedangkan data sekunder berupa buku, jurnal, dan skripsi. Hasil penelitian ini yakni terdapat tiga nilai-nilai konseling Islam, yaitu nilai konseling Islam dalam rukun Iman, nilai konseling Islam dalam rukun Islam dan nilai konseling Islam dalam Ikhsan. Sedangkan kondisi sosiokultural munculnya masalah dalam novel yaitu karena adanya keinginan dan sebuah cita-cita untuk sukses dan bisa membahagiakan orangtuanya namun sang ibu tidak mengizinkannya untuk pergi merantau.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZulfa, NadhifatuzUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Konseling Islam, Novel Selimut Mimpi, Hermeneutika Paul Recouer
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 21 Aug 2024 01:13
Last Modified: 21 Aug 2024 01:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10513

Actions (login required)

View Item View Item