Pengaruh pemanfaatan perpustakaan rbp (rumah baca pintar) terhadap motivasi belajar anak usia sekolah menengah pertama di Desa Kranji Kedungwuni Pekalongan

Jawad, M.Abdul (2017) Pengaruh pemanfaatan perpustakaan rbp (rumah baca pintar) terhadap motivasi belajar anak usia sekolah menengah pertama di Desa Kranji Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V & LAMP.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

disimpulkan bahwa variabel pemanfaatan perpustakaan RBP (Rumah Baca Pintar) berpengaruh secara siginfikan terhadap variabel motivasi belajar anak Perpustakaan merupakan unsur terpenting dalam dunia pendidikan. di Desa Kranji tak semua anak mempunyai buku bacaan yang sesuai dengan materi yang diajarkan di sekolah sehingga mempengaruhi motivasi belajar anak, adanya perpustakaan di Desa Kranji tak lain untuk memberikan kemudahan dan menfasilitasi anak di Desa Kranji dalam belajar terkait materi yang diajarkan di sekolah. Dengan adanya perpustakaan yang dimanfaatkan dengan baik diharapkan dapat menumbuhkan motivasi belajar anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama, bagaimana pemanfaatan perpustakaan RBP (Rumah Baca Pintar) di desa Kranji, kedua, bagaimana motivasi belajar anak usia Sekolah Menengah Pertama di desa Kranji, ketiga, Bagaimana pengaruh pemanfaatan perpustakaan RBP (Rumah Baca Pintar) terhadap motivasi belajar anak usia Sekolah Menengah Pertama di desa Kranji. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perpustakaan RBP (Rumah Baca Pintar) dan untuk mendeskripsikan motivasi belajar anak usia SMP di desa Kranji Kedungwuni, dan untuk mendeskripsikan pengaruh perpustakaan RBP (Rumah Baca Pintar terhadap motivasi belajar anak usia SMP di desa Kranji Kedungwuni. Adapun kegunaan yang diharapkan dari pembahasan penelitian ini untuk memberikan pengetahuan dan wacana tentang pengaruh perpustakaan RBP (Rumah Baca Pintar) didesa kranji. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research) Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis statistik dengan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, Pemanfaatan perpustakaan di desa Kranji kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan dalam kategori Tinggi, hal ini ditunjukan nilai pemanfaatan perpustakaan berada dalam interval 73 - 74. Kedua, Motivasi belajar anak usia sekolah menengah pertama di desa Kranji kecamatan Kedungwuni kabupaten Pekalongan termasuk dalam kategori baik. Dimana interval nilai berada pada posisi 74 - 75. Ketiga pemanfaatan perpustakaan berpengaruh terhadap motivasi belajar anak di desa Kranji kecamatan Kedungwuni kabupaten Pekalongan. Hal ini terbukti dengan perolehan t test = 3,2385, pada tingkat siginfikansi 1 % nilai ttabel = 2,763, maka ttest = 3,2385 > ttabel = 2,763, sedangkan pada tingkat signifikansi 5% nilai ttabel = 2,048, maka ttest 3,2385 > ttabel 2,048, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dap

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Perpustakaan, Motivasi Belajar Anak
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:11
Last Modified: 10 Nov 2020 03:11
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1052

Actions (login required)

View Item View Item