Nilai-nilai Bimbingan Islami dalam Buku La-Tahzan karya Aidh Al-Qarni

Setyowati, Yuli (2022) Nilai-nilai Bimbingan Islami dalam Buku La-Tahzan karya Aidh Al-Qarni. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
3517130-Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3517130-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
3517130-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Menggunakan buku sebagai media untuk bimbingan merupakan salah satu dari metode bimbingan, seseorang dengan permasalahan hidup dapat bercermin, belajar dari buku yang dibacanya, terutama self help book, yang di dalamnya terdapat banyak pesan-pesan baik yang tersirat maupun tersurat untuk permasalahanpermasalahan kehidupan manusia yang terjadi sehari-hari. Termasuk dalam buku latahzan yang di dalamnya terdapat nilai-nilai bimbingan Islami, dan merupakan buku yang telah dikenal oleh masyarakat luas dan pernah menjadi buku terlaris termasuk di Indonesia, penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui analisis isi (Content analysis) pada buku La-Tahzan karya Aidh al-Qarni.dan untuk mengetahui nilai-nilai bimbingan Islami yang terkandung dalam buku La Tahzan karya Aidh al-Qarni. Penelitian ini diharapkan mampu membantu pembaca supaya mendapatkan ilmu serta pengetahuan mengenai Nilai-nilai Bimbingan Islami dalam Buku La Tahzan. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana Analisis Isi (Content Analisis) dalam Buku La-Tahzan karya Aidh Al-Qarni? 2) BagaimanaNilai-nilai Bimbingan Islami dalam Buku La-Tahzan karya Aidh AlQarni? Penelitian ini merupakan jenispenelitiankepustakaandengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu analisis isi (content analysis). Tahap analisis ini dibagi menjadi tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:dalam buku La-Tahzan terdapat beberapa nilai-nilai bimbingan Islami menurut teori dari Anwar Sutoyo diantaranya nilaibimbingan Islami untukhatiyaitu tidak berburuk sangka kepada manusia, tidak dengki dan iri hati, tidak sombong, tidak kikir dan mengikuti hawa nafsu, tidak dendam, tidak riya’, tidak mudah marah, tidak mudah sedih, serta tidak mengganggu orang lain. Ada pula nilai bimbingan untuk mereka yang terlanjur berbuat salah atau dosa, nilai bimbingan untuk menghadapi musibah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayatullah, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islami, Nilai-nilai Bimbingan Islami, La-Tahzan
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 21 Aug 2024 02:35
Last Modified: 21 Aug 2024 02:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10525

Actions (login required)

View Item View Item