Nilai-nilai bimbingan kelompok islami dalam mengembangkan motivasi belajar siswa (studi kasus SMK Negeri 2 Kota Pekalongan)

Pratiwi, Riva (2022) Nilai-nilai bimbingan kelompok islami dalam mengembangkan motivasi belajar siswa (studi kasus SMK Negeri 2 Kota Pekalongan). Diploma thesis, UIN KH.ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
3518047-Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3518047-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
3518047-lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Motivasi belajar merupakan suatu dorongan dalam diri seseorang yang mampu menghasilkan suatu tindakan atau kegiatan yang terarah dan sungguhsungguh untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dan ingin dicapai, meliputi siswa yang memiliki dorongan serta keinginan kuat dalam menyelesaikan tugas terkait dengan tujuan akademiknya. Dalam mengembangkan motivasi belajar dilakukan menggunakan bimbingan kelompok yang dalam pelaksanaannya terdapat nilai-nilai islami dengan tujuan menyelesaikan permasalah siswa yang berkaitan dengan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi bimbingan kelompok dalam mengembangkan motivasi belajar siswa di SMK Negeri 2 Kota Pekalongan. Bagaimana nilai – nilai keislaman yang terdapat dalam bimbingan kelompok guna mengembangkan motivasi belajar siswa di SMK Negeri 2 Kota Pekalongan. Tujuan penelitian ini mengetahui adanya nilai nilai islami dalam bimbingan kelompok, serta bagaimana bimbingan kelompok tersebut dapat mengembangkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, Adapun untuk menganalisa permasalahan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Client catered. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode wawancara dan dokumentasi. Untuk metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, menunjukkan adanya peningkatan dalam prestasi dan motivasi belajar siswa karena dengan adanya kegiatan bimbingan kelompok siswa dapat menyampaikan permasalahannya yang berkaitan dengan pembelajaran melalui pelaksanaanya dengan teknik diskusi siswa dapat bertukar pikiran dan pendapat mengenai berbagai solusi yang dapat mereka gunakan agar prestasi dan motivasi belajar mereka tetap terjaga walaupun dalam kondisi yang terbatas dikarenakan masalah pembelajaran daring yang diterapkan beberapa waktu lalu. Selain itu juga terdapat nilai nilai keislaman dalam kegiatan bimbingan kelompok, walaupun kegiatan tersebut dilakukan di sekolah umum negeri

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamal Rikzam, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Bimbingan Kelompok Islam, Motivasi Belajar.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 21 Aug 2024 07:17
Last Modified: 21 Aug 2024 07:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10541

Actions (login required)

View Item View Item